Brida KSB Akui Pelaksanaan Pameran Pembangunan Untuk Edukasi Masyarakat

Taliwang, – Pameran pembangunan merupakan salah satu agenda Festival Taliwang Tahun 2023 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan dalam areal perkantoran Kemutar Telu Center (KTC), merupakan bentuk edukasi pemerintah kepada masyarakat, agar mengetahui apa saja progres pembangunan dalam kurun waktu tersebut.

“Semangat besar dari pemerintah melaksanakan pameran pembangunan bukan sekedar memeriahkan Hari Lahir (Harla) KSB ke-20, tetapi yang terpenting ingin menyampaikan informasi kepada masyarakat, jika sudah banyak program pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah,” kata Agus, MM selaku kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida).

Masih keterangan Agus, momentum pelaksanaan pameran pembangunan termasuk kesempatan bagi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menampilkan inovasi pembangunan yang telah dilaksanakan maupun yang direncanakan pada tahun mendatang. “Selain menampilkan inovasi dan prestasi juga menjadi momentum menyampaikan rencana pembangunan lanjutan,” ungkapnya.

Disampaikan Agus bahwa pameran pembangunan telah dijadikan sebagai media visualisasi atas keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini. “Dari evaluasi pasca pelaksanaan pameran beberapa waktu lalu, jika apa yang menjadi tujuan pemerintah telah dicapai. Hal itu yang menjadi dasar bagi BRIDA untuk menjadikan sebagai agenda rutin,” lanjutnya.

Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB saat membuka acara festival taliwang 2023 menyampaikan beberapa pesan penting, diantaranya ajakan untuk memperkuat adat istiadat di dalam masyarakat Bumi Pariri Lema Bariri. “Kegiatan budaya serta adat istiadat banyak menarik minat dan diakui sebagai pemersatu, serta bisa mendorong partisipasi masyarakat,” tandasnya.

Berkaitan dengan festival taliwang, H Firin berharap bisa menjadi jalan bagi masyarakat dan semua pihak untuk sama sama memperkuat budaya, sebagai akar pembangunan daerah ini. “Dari adat istiadat dan budaya yang terbangun dengan baik, alhamdulillah kita telah mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat, sebagai satu satunya Kabupaten yang telah menangani inflasi terbaik tahun 2023,” bebernya.

Sebagai informasi, ada empat rangkaian kegiatan utama dalam festival taliwang, yaitu, pekan apresiasi budaya, pameran pembangunan, bazar kuliner dan Carnaval Budaya. **