Peningkatan Kapasitas, DPMD KSB Telah Menggelar Jambore AGR

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), telah menggelar jambore atau pertemuan seluruh anggota Agen Gotong Royong (AGR). Kegiatan dimaksud sebagai upaya peningkatan kapasitas dan juga motivasi dalam memacu semangat kerja.

Fud Syaifuddin, ST selaku wakil Bupati KSB saat dihadapan para AGR mengakui, jika peran yang diberikan AGR selama ini cukup bagus dan telah membantu pemerintah KSB, baik dalam melaksanakan program maupun penyampaian atas program kepada masyarakat. “Saya berharap kepada para AGR untuk tidak pernah lelah dalam memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat,” ucapnya.

Masih keterangan Wabup, AGR sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah ditengah masyarakat dalam mengawal program telah memberikan kinerja terbaik, namun sebagai manusia tetap aja ada kekurangan. “Kita harus tetap mengedepankan sistem kerja Ikhlas Jujur dan Sungguh-sunggu (IJS), supaya yang dikerjakan bernilai ibadah,” lanjutnya.

Wabup menyatakan, keberadaan personel AGR selama ini telah banyak memberi sumbangsih kepada pemerintah baik itu secara langsung maupun tidak langsung. “Teman-teman agen ini sudah banyak juga berkorban. Bayangkan dengan honor yang tidak sebesarapa tapi hasil pekerjaannya luar  biasa,” puji Wabup.

Pada bagian lain, Wabup mengingatkan kepada para AGR untuk tidak terlibat politik praktis di Pemilu 2024 mendatang. Bagi Wabup, bertugas menjadi perpanjangan tangan pemerintah di tengah masyarakat, keterlibatan para AGR di ranah politik praktis justru akan mengganggu kinerjanya. “Nanti condong ke salah satu partai atau Caleg. Malah kemudian yang lain pilihannya dengan dia tidak dilayani. Jadi saya ingatkan jangan sampai ikut politik praktis. Tapi memilih boleh ya,” ujarnya.

Terakhir Wabup atas nama pemerintah KSB menyampaikan terima kepada seluruh AGR dan mengakui kelembagaan AGR selama ini telah turut memberikan warna tersendiri pada masa kepemimpinannya bersama bupati H. W. Musyafirin selama ini. “Saya dan pak bupati menyampaikan terima kasih kepada semuanya dan semoga kerja-kerja agen selalu lebih lagi ke depannya,” tukasnya.

Sementara Salim S.Pd selaku kabid kelembagaan sosial budaya masyarakat dan pemberdayaan gotong royong pada DPMD KSB menuturkan, para AGR telah diberikan pembinaan sebagai bentuk pendampingan dan peningkatan kemampuan dalam melaksanakan tugas yang dibebankan. “Cukup banyak beban tugas yang dipercayakan kepada AGR dan sampai sekarang telah bisa dikerjakan dengan baik,” akunya. **