Awal Tahun 2024, DPMD KSB Berencana Lakukan Evaluasi Kinerja AGR

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), berencana melaksanakan evaluasi kinerja seluruh anggota Agen Gotong Royong (AGR). Hasilya sebagai dasar dalam perpanjangan atau mungkin dihentikan sebagai AGR untuk tahun 2024.

Salim S.Pd selaku kabid kelembagaan sosial budaya masyarakat dan pemberdayaan gotong royong pada DPMD KSB memastikan, rapat evaluasi yang direncanakan itu pasti melibatkan secara aktif pemerintah Desa dan Kelurahan, karena yang mengetahui kinerja dari para AGR. “Direncanakan pada awal tahun 2024 mendatang rapat evaluasi kinerja AGR,” ucapnya.

Diingatkan Salim, rapat evaluasi yang akan dilaksanakan nanti menjadi sangat penting, baik untuk mengetahui kinerja dari semua AGR, termasuk untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh terkait dengan kendala yang ditemui, sehingga pada tahun mendatang dapat diantisipasi, sehingga semangat meningkatkan layanan kepada masyarakat dapat terealisasi.

Diakui Salim, bagi AGR yang dinilai kinerja cukup bagus diyakini akan mendapatkan kembali kepercayaan, tetapi yang diketahui kinerja tidak terlalu maksimal, bisa saja akan diusulkan untuk dilakukan pergantian, namun itu semua tetap dikembalikan kepada pemerintah Desa dan Kelurahan. “Tetap harus atas usul dari pemerintah Desa dan Kelurahan,” lanjutnya.

Terkait dengan calon pengganti, Salim juga memastikan tetap dari usulan pemerintah Desa dan Kelurahan, hanya saja ditambah dengan rekomendasi dari pemerintah Kecamatan setempat. “DPMD hanya melakukan proses untuk penerbitan surat keputusan penggantian atas AGR dimaksud, jadi tidak memiliki kewenangan mutlak untuk langsung mengganti,” tegasnya.

Dikesempatan itu Salim tidak membantah, jika ada beberapa laporan dari masyarakat terkait kinerja AGR, bahkan diakui sudah cukup lama tidak aktif, namun insentif sebagai petugas tetap diberikan. “Laporan yang diterima itu akan dijadikan bahan evaluasi mendatang, termasuk telah menyampaikan langsung kepada pemerintah Desa setempat untuk menjadi perhatian dan mungkin bisa diusulkan pengganti,” urainya.

Terakhir Salim menegaskan, jika kinerja dari para AGR sudah sangat luar biasa dalam membantu pemerintah KSB, meskipun masih ada diantaranya yang kurang maksimal, sehingga dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. **