Kunjungi SMKN 1 Seteluk, PJ Gubernur NTB Panen Perdana Bioflok Ikan Nila

Seteluk, – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Seteluk. Dalam kunjungan itu menyempatkan diri ikut melakukan panen ikan Nila dengan sistem bioflok yang dikelola bersama antara siswa dan guru.

Rombongan Pj Gubernur bersama Ibnu Salim, SH, M.Si selaku Pj Sekda, termasuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dr H Aidy Furqan, M.Pd bersama kabid PSMK Ahmad Muslim, M.M Inov disambut para siswa dengan penyematan saputobo diiringi tarian penyambut oleh siswa Smeksa Seteluk yang tergabung dalam sanggar seni ‘Lala Jines’.

Pj Gubernur NTB saat memberikan sambutan mengaku sangat apresiasi dengan satuan pendidikan (sekolah) yang memiliki program pengelolaan dan pengembangan bioflok, karena secara tidak langsung dapat menjadi sarana pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa baik terkait keahlian jurusan maupun praktek kewirausahaan.

Dikesempatan itu Mamiq Gita sapaan akrab PJ Gubernur NTB juga mengarahkan tentang pentingnya sinergisitas dengan instansi terkait dalam pengembangan bioflok, agar lebih murah dan ramah lingkungan. “Saya mendorong untuk bisa mengadopsi pengolahan limbah organik untuk dijadikan pakan alternatif seperti yang dilakukan di Lingsar Lombok Barat,” tuturnya.

Selain itu juga mengajak pihak sekolah selaku pelaksana program bioflok untuk membangun komunikasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), agar bisa membantu melakukan pemasangan listrik tenaga surya dan ekonomi sirkular. “Bangun koordinasi serta komunikasi untuk memperkuat kerjasama dalam rangka menciptkana program pemerintah terintegrasi,” lanjutnya.

Juniawan S.Pi yang mewakili pihak sekolah dalam kesempatan itu menyampaikan bukan hanya menyampaikan tentang perjalanan dalam membuat dan mengelola bioflok bersama para siswa, tetapi juga menyampaikan harapan, agar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendatang, bisa dibuka kembali jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Alasanya, Kecamatan Seteluk dan Poto Tano menjadi bagian dari lingkar tambang dan saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan serta membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian permesinan maka keberadaan jurusan TKRO bisa menjadi harapan besar bagi lulusan SMP/MTs yang ingin bekerja pada perusahaan tambang.

Pada penghujung acara, Abdurrahman, S.Pdi, M.Si selaku Kasek SMKN 1 Seteluk, menyerahkan bingkisan hasil olahan ikan Nila beserta oleh-oleh khas Bumi Pariri Lema Bariri kepada PJ Gubernur NTB. Kemudian kegiatan kunjungan diakhiri dengan foto bersama rombongan PJ Gubernur dengan warga SMKN 1 Seteluk. **