Dinas Arpus Harap Segera Terbangun Gedung Baru Perpustakaan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), terus berupaya untuk bisa meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat, termasuk para pelajar, sehingga berharap segera terbangun gedung baru Perpustakaan.

“Pembangunan gedung baru perpustakaan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong percepatan peningkatan minat baca, karena akan tersedia tempat yang lebih representatif bagi pada pembaca,” kata Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Disampaikan Mariati, keberadaan gedung yang lebih representatif ditambah dengan bahan pustaka (buku) lengkap, diyakini akan memunculkan keinginan lebih besar dari para pembaca. “Tinggal bagaimana penataan gedung nantinya, karena harus bisa memancing orang luar untuk mau datang berkunjung dan saat berada dalam lingkungan gedung mau bertahan lama dengan sambil membaca,” lanjutnya.

Mengingat keberadaan gedung menjadi sangat penting dalam meningkatkan minat baca, Mariati berharap pelaksanaan atau mulai pembangunan bisa pada awal tahun mendatang, sehingga pihaknya dapat memulai program dan mensosialisasikan sekaligus mengajak para generasi muda untuk mengunjungi gedung perpustakaan. “Informasinya sudah siap secara administrasi, jadi hanya menunggu tahun anggaran saja,” ungkapnya.

Masih keterangan Mariati, sejumlah fungsi perpustakaan selama ini belum bisa dilaksanakan secara maksimal, lantaran keterbatasan fasilitas, namun dengan memiliki gedung khusus perpustakaan, maka fungsi penelitian, fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, fungsi informasi akan direalisasikan, termasuk akan memaksimalkan upayakan layanan.

Ikhtiar yang dilaksanakan pemerintah dalam meningkatkan minat baca akan kurang maksimal, jika para pembaca itu sendiri tidak mempersiapkan diri dengan mengalokasikan waktu khusus untuk membaca, membeli buku setiap pekan, manfaatkan waktu menunggu dengan membaca, memiliki list buku populer atau rekomendasi buku yang akan dibaca, membaca saat istirahat atau sebelum tidur, membuat target membaca, berdiskusi dan bergabung di komunitas dan Belajar Effective Reading. **