KSB Siap Jadi Tuan Rumah Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi

Taliwang, – Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) memastikan bahwa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), siap menjadi tuan rumah lomba masak serba ikan tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ke 17 yang direncanakan pada 29 September mendatang dengan mengambil lokasi Pantai Balad.

Ir H Mansyur Sofyan, MM selaku kepala Dislutkan KSB menyampaikan, jika penentuan KSB sebagai tuan rumah lantaran pada lomba tahun sebelumnya menjadi juara, terus penentuan lokasi pantai Balad itu sendiri sesuai tema sekaligus sebagai ajang memperkenalkan salah satu potensi destinasi wisata di Bumi Pariri Lema Bariri. “Pantai Balad sudah tertata dengan baik jadi sangat tepat untuk dijadikan lokasi lomba masak serba ikan, karena memang dilokasi itu sendiri sebagai tempat penjualan ikan bakar,” ucapnya.

Untuk memastikan bahwa kawasan pantai Balad memenuhi kriteria, tim Diskanlut untuk melakukan survey dan pengecekan, terutama areal yang menjadi tempat lomba. Hasil survey itu sendiri memastikan sangat representatif, terutama luas kawasan yang akan menjadi titik lomba, mengingat jumlah peserta dari semua Kabupaten/kota yang sangat banyak nantinya. “Bisa dipastikan sangat bagus dan sesuai kriteria,” tuturnya.

Masih keterangan H Mansyur Sofyan, lomba yang merupakan amanat Kementrian Perikanan sebagai ajak kepada masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan atau memasyarakatkan makan ikan, sehingga akan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, sementara untuk mensukseskannya akan menggandeng Tim Penggerak PKK KSB. “Semoga lomba yang akan dilaksanakan nanti sukses dan pesan kepada masyarakat untuk konsumsi ikan bisa terealisasi,” harapnya.

H Mansyur Sofyan menilai pemilihan bahan masakan pokok pada lomba ini sangat bagus. Karena ikan sendiri diketahui memiliki nutrisi  unggul dari sumber protein lainnya, selain itu potensi produksi perikanan tangkap dan Perairan Umum Daratan (PUD) di KSB juga cukup tinggi serta harga cukup terjangkau bagi masyarakat.

Sementara itu, ditemui ditempat yang sama kepala bidang sumberdaya dan peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan perikanan KSB Iwan Irawan, S.Pt.,M.Si mengaku bahwa bukan hanya lomba untuk mensukseskan gemarikan, tetapi juga akan dilaksanakan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) sebanyak 300 orang pelajar SD di KSB, kemudian juga akan diisi dengan tarian selamat datang dan menyanyikan lagu gemar ikan serta dimeriahkan dengan acara senam bersama.

Sementara untuk kriteria menu yang dilombakan ada 3 yaitu Masakan serba ikan menu kelurga yaitu ayah,ibu dan 2 orang anak. Kedua adalah menu balita yaitu usia 3-5 tahun  dan  Menu kudapan atau  semacam snak berbahan ikan.  Dalam lomba mengatur, untuk menu balita dan kudapan boleh sudah disiapkan dari rumah, namun untuk menu masakan keluarga harus di buat live. “Pemenang lomba provinsi tahun ini akan mewakili NTB pada event serupa ke tingkat nasional pada tahun 2020 dan sekaligus sebagai tuan rumah penyelanggaraan lomba serupa ditahun berikutnya, ungkapnya.

Iwan sapaan akrabnya menjelaskan untuk tahun 2019 ini, team KSB tidak ikut menjadi peserta karena tahun lalu KSB udah memenangkan untuk tingkat provinsi dan TP- PKK KSB akan mewakili NTB di serupa di tingkat nasional yang akan digelar pada tgl 12 desember di JCC  Jakarta.  Namun sebagai panitia penyelanggara dan tuan rumah kontigen KSB yang terdiri dari DKP KSB, TP-PKK KSB, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), Koperindag dan  instansi lainnya akan menyuguhkan bazar serba bahan ikan yang akan dilakukan olek Kelompok Pengolahan dan Pemasar Ikan (Poklaksar) yang tersebar pada 8 Kecamatan di KSB. **