DPC HPI KSB Dilantik, Disparpora Akui Awal Berkembang Pariwisata

Taliwang, – Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Sumbawa Barat (DPC HPI KSB) untuk periode 2022-2027 telah resmi dilantik oleh Dr H Ainuddin, SH, MH selaku ketua HPI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). pelantikan diaula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) disaksikan langsung Sekda KSB, Amar Nurmansyah, ST, M.Si.

Drs Burhanuddin, MM selaku kepala Disparpora KSB saat mengawali sambutannya mengatakan, jika pembentukan sekaligus pelantikan HPI KSB menjadi awal yang baik dalam mengembangkan pariwisata, karena HPI memiliki peran penting untuk membantu mempromosikan destinasi. “Mari kita bersama memajukan sektor pariwisata,” ucapnya.

Dikesempatan itu Burhanuddin mengakui bahwa Disparpora sangat ambisi sekali untuk membentuk HPI, lantaran merasa yakin lembaga itu bisa menjadi bagian penting pemerintah. “Para pengurus HPI telah mengikuti pelatihan Tour Guide (pemandu wisata) yang dilaksanakan Disparpora beberapa hari lalu, jadi diyakini akan mampu membantu pemerintah dalam melakukan promosi serta mengembangkan sektor pariwisata,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Burhanuddin mengakui jika telah banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisata, termausk memperpanjang wahtu tinggal para wisatawan. Beberapa terobosan yang pernah dilakukan sebagai bentuk keseriusan mengembangkan pariwisata adalah, melaksanakan pelatihan ekonomi kreatif bagi masyarakat yang berada di tempat daerah wisata, seperti pernak-pernik wisata, tas, gantungan kunci dan aksesoris menarik lainnya, termasuk pelatihan wisatawan muda.

H Ainuddin selaku ketua HPI NTB mengaku sangat bangga dengan Disparpora KSB, lantaran sangat serius membentuk HPI yang merupakan organisasi bagi para pencinta destinasi pariwisata. “Membantu membentuk HPI adalah komitmen yang sangat luar biasa dari pemerintah KSB, sehingga diyakini serius ingin mengembangkan sektor pariwisata,” katanya.

Amar sapaan akrab Sekda KSB saat memberikan sambutan menegaskan, pengurus DPC HPI KSB sekarang adalah orang-orang yang sudah terbiasa dengan destinasi pariwisata, sehingga dirinya merasa yakin akan langsung bekerja membantu pemerintah dalam melakukan promosi pariwisata. “Sangat tepat orang yang dipilih menjadi pengurus HPI KSB,” tuturnya.

Dikesempatan itu Amar berharap antara HPI KSB dengan Disparpora untuk terus membangun komunikasi serta koordinasi, agar selalu bergandengan tangan dalam bersama membangun dan mengembangkan sektor pariwisata.

Sebagai informasi, para pengurus HPI KSB dikenal masyarakat sebagai pelaku pariwisata, dimana yang diberikan kepercayaan sebagai ketua adalah Sukiman Edi Yunus dan Toniman Al Qasim sebagai sekretaris. **