Bupati KSB Ikut Acara Sosialisasi Program Rintisan Guru BAIK

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM, ikut acara sosialisasi rintisan guru Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual (BAIK), yang dilaksanakan lembaga Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), atau program kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan anak Indonesia khususnya dalam bidang literasi dan numerasi.

Dalam acara yang dilaksanakan pada Selasa 31/7 kemarin di Hotel Ifa, H Pirin sapaan akrab Bupati KSB meminta kepada semua guru, agar terus mengembangkan metode pembelajaran, sehingga bisa lebih efektif dan efisien dan terpenting dapat diserap dengan baik oleh anak didik.

Ditegaskan Bupati, sebagai orang tua lebih lebih sebagai guru mempunyai tanggung jawab yang besar bagi anak-anak. Pemerintah sangat mengapresiasi program yang merupakan bagian ikhtiar memajukan pendidikan di KSB. Harus diyakini, jika semangat mengajar guru yang tinggi akan berbanding lurus dengan semangat siswa. Jika guru baik maka anak pun akan baik,

Karenanya, metode pendidikan atau pengajaran harus terus dikembangkan. Pengalaman menjelaskan bahwa semangat belajar siswa kurang karena kurangnya minat belajar pada anak-anak. Untuk itu, untuk meningkatkan minat belajar pada siswa, tentu harus diberikan motivasi dengan cara atau teknik yang efektif, tetapi efisien. Perihal tingkat kepintaran, intelegensi tinggi, bodoh atau apapun itu dikesampingkan dulu, yang penting memotivasi. Inilah yang juga yang menjadi tujuan Inovasi, bagaimana membantu guru di KSB untuk mengembangkan metode agar anak-anak mau belajar dan cepat memahami pelajaran dengan efektif, mudah, efisien.

Kunci kesuksesan pun ada di program guru BAIK yang diadakan Inovasi, yakni Inklusif. Inklusif merupakan semangat pemerataan dengan menggeser perilaku eksklusif. Dua kunci sukses lainnya adalah, menggeser pola hubungan vertikal menjadi pola hubungan horizontal. Kemudian terakhir menggeser pola hidup individual menjadi pola hidup sosial.

Distrik Fasilitator (DF) INOVASI KSB, Dr Zulkarnain dalam laporannya menyampaikan, ada dua agenda pada kegiatan ini. Pertama sosialisasi guru BAIK atau Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual yang menyasar 50 sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang pada tahun 2017 lalu menyar 17 sekolah dan dikembangkan menjadi 24 sekolah. Dampaknya, ada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran dengan pola sederhana. Atas dasar itu Inovasi bersama Dikpora melakukan sharing anggaran untuk mengembangkan kegiatan serupa.

Agenda kedua, memberikan pelatihan singkat literasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru kelas bawah di sekolah dasar (Kelas 1, 2 dan 3) mampu mengajar membaca peserta didiknya dengan cara yang mudah, namun efektif. Pengembangan literasi pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan di 17 sekolah dengan kegiatan dilaksanakan di masing-masing gugus. Dilibatkannya Dikpora, Pengawas, Kepala UPTD dan Kepala Sekolah dalam kegiatan ini, untuk meningkatkan komitmen Kepala Sekolah dalam memperhatikan pembelajaran di kelas bawah. Sebab, harus diakui perhatian Kepala Sekolah terhadap kelas bawah masih kurang.

Disampaikan juga oleh pemuda asal Fajar Karya kecamatan Brang Ene tersebut, KSB merupakan satu satunya Kabupaten yang komit mengalokasikan anggaran  yang tinggi untuk pendidikannya. Tentu hal ini harus didukung dengan semangat yang tinggi juga dari Kepala Sekolah dan Guru. Sementara keberadaan Inovasi di KSB adalah untuk mendukung kemajuan pendidikan di KSB terutama di bidang literasi. “Alhamdulillah pendampingan Inovasi telah berdampak, sekarang kemampuan literasi di KSB berada di urutan kedua di NTB di bawah Mataram, KSB berada di angka 497 poin mendekati nilai nasional diangkat 500. Namun yang paling tinggi di tingkat kabupaten adalah KSB, ini data  hasil analisis tim independen yang digandeng Inovasi yang dibiayai dengan mahal,” jelasnya. **/HUMAS