Polres KSB “Siapkan” Bus Sekolah

Taliwang, – Bus milik Mapolres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dipergunakan sebagai bus sekolah. Kebijakan itu disambut baik oleh para siswa. Hal itu bisa dilihat dengan jumlah penumpang saat berada di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Taliwang beberapa hari lalu.

Kasat lantas Polres KSB, IPTU Tira Karista SIK mengaku, program terobosan yang dilakukan itu sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan bermotor yang menimpa anak dibawah umur, sebab masih cukup banyak orang tua mempercayakan anaknya untuk mengendarai sendiri kendaraan, meskipun tahu bahwa anaknya belum memenuhi syarat untuk mengendarai.

Masih keterangan Tira Karista, apa yang dilakukan jajaran Polres KSB bukan sekedar inovasi dan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas kepada anak di bawah umur, tetapi juga sebagai bentuk kritikan kepada masing-masing orang tua, agar tidak mempercayakan anak untuk mengendarai sendiri kendaraan bermotor.

“Kita semua tidak ingin melihat anak di bawah umur yang merupakan penerus bangsa harus meregang nyawa atau mengorbankan masa depan akibat kecelakaan lalu lintas. Untuk mengantisipasi itu semua bukan menjadi tanggung jawab Polisi, tetapi menjadi tanggung jawab setiap orang khusunya orang tua agar tidak memberikan kendaraan bermotor kepada anaknya yang masih di bawah umur,” tegasnya.

Dikesempatan itu dibeberkan juga, jika kecelakaan lalu lintas adalah salah satu penyumbang angka kematian terbesar di dunia, hal ini tidak mungkin bisa di hindari karena semakin bertambahnya populasi manusia dan semakin larisnya penjualan kendaraan bermotor dengan segala kemudahan yang di tawarkan saat membelinya, namun kalau masing-masing kita menyadari aturannya, maka bisa mengeleminirnya. **