Sosbud

KH Yusuf Mansyur “Gugah” Hati Masyarakat Sumbawa Barat

Taliwang, – Pendiri dan pemimpin  Pondok Pesantren Darul Qur’an, KH Yusuf Mansyur hadir di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mampu menggugah hati masyarakat saat menjadi khatib pada shalat Jum’at 17/11 dan tablik akbar yang dipusatkan di alun-alun Kota Taliwang. Kegiatan itu sendiri merupakan rangkaian perayaan Hari Lahir (Harla) KSB ke-14.

Disampaikan Ustad Yusuf Mansyur, banyak dari umat muslim mendengar saudaranya atau bahkan mengatakan sendiri, bahwa jika  ada uang masalah menjadi beres. Dekat sama jabatan persoalan akan gampang. Ingin jabatan, hubungi ini hubungi itu. Jika ada masalah hubungi keluarga atau teman yang memiliki jabatan atau banyak uang. Namun jarang sekali orang ketika dihimpit persoalan, yang dicari pertama kali adalah Allah SWT.

“Ini adalah hal yang keliru. Padahal semua makhluk, apa yang ada di langit dan di bumi adalah ciptaan Allah. Allah lah yang maha kaya dan maha pemberi. Maka seharusnya, umat muslim tidak boleh mengandalkan atau meminta kepada makhluk terlebih mensekutukan Allah dengan makhluk-Nya. Namun tempat meminta hanya kepada Allah, karena Allah lah yang menciptakan segala sesuatu,” timpalnya.

Ustadz Yusuf Mansyur pun mengajak umat muslim KSB untuk membaca, mentadabburi dan mengamalkan Qur’an Surat An-Naml Ayat 59. Kemudian Qur’an Surat Ali Imran Ayat 26 dan 27. “Mari, mulai hari ini, kita perbaiki diri, jangan meminta kepada manusia atau apapun yang sifanya mempersekutukan Allah SWT. Mintalah kepada Allah yang telah menciptakan semuanya, yang membolak balikkan hati, yang maha mengatur semuanya,” kata Ustad Yusuf yang akan mengisi tabligh akbar dalam rangka memeriahkan hari lahir ke-14 KSB tahun 2017.

Ustad Kondang dengan bisnis sedekah dan Paytren itu, ikut berbaur bersama bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM dan wakil bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, pimpinan DPRD KSB beserta ribuan jamaah menikmati ‘nasi Imtaq’, yang merupakan nasi yang selalu disuguhkan setiap pelaksanaan shalat Duhur berjamaan selama ini dan Begitu selesai santap siang, para jamaah langsung berebut mengajaknya foto bersama. Ia juga dengan gembira melayani ajakan selfi dari sejumlah ibu-ibu yang turut hadir di masjid.

Kedatangan Ust Yusuf Mansyur rupanya sangat ditungguh oleh masyarakat. Hal itu bisa dilihat dengan ribuan masyarakat yang tumpah ruah dalam areal Alun-alun Kota Taliwang, tempat pelaksanaan Takbir akbar, bahkan masyarakat sengaja membawah tempat duduk sendiri, agar bisa mendengar secara jelas ceramah agama yang disampaikan. **