KSB Dapat Penghargaan Penerapan Program PKP SPM-Dikdas

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), tercatat sebagai 10 Kabupaten penerima penghargaan dari pemerintah pusat, lantaran telah berhasil melaksanakan Program Peningkatan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (PKP SPM Dikdas), melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora).

Penghargaan itu diberikan setelah dilakukan evaluasi terhadap bentuk dukungan yang diberikan pemerintah KSB dalam memenuhi indikator SPM Dikdas, termasuk kemampuan dalam menyerap anggaran serta keberhasilan melaksanakan seluruh program yang menjadi perencanaannya. “Hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah pusat, KSB tercatat sebagai salah satu kabupaten yang sangat serius dalam memberikan dukungan,” ucap Agus SPd, MM, Kabid pembinaan pendidikan dasar pada Dikpora KSB.

Masih keterangan Agus, penghargaan tersebut seharus diterima langsung oleh Bupati KSB, namun waktu penyerahan penghargaan bertepatan dengan puncak perayaan Hari Lahir (Harla) ke-14. “Penghargaan yang diterima itu bisa menjadi kado terindah bagi pemerintah KSB,” lanjutnya.

Sementara Nuraeni, MPd selaku District Advisory Team (DAT) menyampaikan, penghargaan yang diberikan pemerintah pusat dapat dijadikan bukti, jika memang dukungan pemerintah KSB dalam memenuhi seluruh indikator SPM Dikdas, tidak perlu diragukan lagi. “Semoga dukungan itu terus dikembangkan, sehingga seluruh indikator SPM Dikdas dapat terpenuhi 100 persen,” katanya.

Diingatkan Nuraeni, untuk mendapatkan penghargaan atas pelaksanaan program yang didanai Uni Eropa dengan pengelolaan kepada Bank Pembangunan Asia (ADB) bukan perkara gampang, apalagi ada 103 Kabupaten yang menjadi pelaksanaan program. “Penghargaan itu diharapkan menjadi motivasi tersendiri juga bagi seluruh pelaku dunia pendidikan, termasuk pemangku kepentingan, agar terus memberikan dukungan terhadap dunia pendidikan,” tuturnya. **