HukumPemerintahan

Kapolda Pimpin Sertijab Kapolres Di Depan Graha Fitrah

Taliwang, – Kapolda NTB, Brigjen Drs. Firli, MSi memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dari AKBP Andi Hermawan Sik kepada AKBP Mustafa SIK, MH, pada Kamis 22/3 di depan gedung Graha Fitrah lingkungan Kemutar Telu Center (KTC).

Pada kesempatan itu Kapolda meminta kepada Kapolres yang baru untuk membangun sinergitas dengan Pemerintah setempat dan dengan seluruh elemen masyarakat. “Saya minta kepada Kapolres baru untuk meningkatkan sinergitas dengan pemerintah KSB dan elemen masyarakat, karena polisi tidak mungkin bisa bekerja sendiri,” timpalnya.

Masih keterangan Kapolda, sebagai Kapolres harus memberikan kepastian dan dukungan terhadap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, baik itu pembangunan agricultur, tourism, maritim dan maining. “Dukungan yang diberikan akan terpelihara ketertiban dan keamanan. Untuk menciptakan ketertiban dan keamanan, Kapolres harus meningkatkan kewaspadaan, deteksi dini dan cegah dini serta memetakan wilayah rawan didukung penempatan anggota. Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendukung tugas pokok dan fungsi Polisi,” urainya, sambil menambahkan untuk menjadi masyarakat sebagai sumber awal informasi, bangun kerjasama dan berdayakan masyarakat sebagai kekuatan untuk mencegah kejahatan. Segera buat kerangka kerja jangka pendek dan menengah.

Dikesempatan itu Kapolda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, lantaran telah memberikan dukungan kepada pihak kepolisian selama ini, termasuk apresiasi khusus kepada Kapolres yang akan meninggalkan KSB lantaran dalam kurun waktu 1,5 tahun menjabat telah banyak yang diraih sebagai prestasi. “AKBP Andy Hermawan akan mengemban jabatan baru sebagai Kepala SPN/Sekolah Polisi Negara Belanting (Lombok Timur).

Pada acara pisah sambut di Gedung Graha Fitrah usai upacara sertijab, Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM mengatakan, atas nama pemerintah dan rakyat Sumbawa Barat mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Bumi Pariri Lema Bariri kepada Kapolres yang baru AKBP Mustofa, S.I.K., M.H. diharapkan kerja bersama, gotong royong akan terbangun dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di KSB, sehingga pembangunan berjalan lancar.

Sementara kepada AKBP Andy Hermawan, S.I.K, Bupati menyampaikan terimakasih selama menjabat Kapolres Sumbawa Barat. Kerjasama telah terbangun baik selama menjabat. Di Bawah kepemimpinan AKBP Andy, S.I.K, KSB tetap menjadi kabupaten yang paling aman dan bebas konflik horizontal. Bukan saja sinergitas dengan Pemerintah Daerah yang terbangun, dengan masyarakat pun juga berjalan sangat baik. ‘’Mudah-mudahan silaturrahmi kita akan tetap berlanjut ke depannya,’’ kata Bupati. **/Hms