Direncanakan, Makodim 1628 KSB akan Diresmikan April

Taliwang, – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP meninjau proses pembangunan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) yang berada di lingkungan Serangi Kelurahan Bugis pada Rabu 21/3 kemarin.

Kunjungan lokasi pembangunan yang peletakan batu pertamanya oleh Pangdam sebelumnya, Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak, SIp, MSC pada 9 Agustus 2017 lalu didampingi Danrem 162/WB Kol. Inf Farid Makruf, MA, Bupati KSB, Dr ir H W Musyafirin, MM, Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, Ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST, Sekda KSB, H Abdul Azis, MH serta sejumlah pejabat lingkungan KSB.

Makoodim yang nantinya bernama Kodim 1628/KSB itu direncanakan akan diresmikan pada April mendatang. Hal itu terungkap dari permintaan langsung Bupati KSB agar acara itu sendiri bisa dilaksanakan pada tanggal 27 April. “Saya berharap peresmian bisa dilaksanakan saat pembukaan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD),” tutur H Pirin sapaan akrab Bupati KSB itu.

Diingatkan H Pirin bahwa masyarakat KSB sangat menyambut baik terbentuknya Makodim, sehingga memberikan aspirasi agar bisa dikawal secara serius dan bangunan yang telah disiapkan itu bisa mulai dipergunakan. “KSB memang dikenal sebagai kabupaten yang zero horizontal konflik, jadi dengan keberadaan Makodim akan bisa dipertahankan status tersebut,” katanya.

Permintaan Bupati KSB itu langsung diamini oleh Pangdam dan memberikan janji akan mengawal secara serius pembentukan Makodim KSB. “Baru kali ini ada Bupati memerintahkan saya dan saya nilai perintah itu sangat baik jadi Insya Allah akhir April nanti, saya akan kembali datang ke KSB untuk meresmikan Kodim 1628 KSB,” timpalnya.

Pangdam pun mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Ketua DPRD KSB yang telah menyediakan lahan dan membangun Kodim Sumbawa Barat. Dukungan ini tentu sangat membantu TNI. Diharapkan kehadiran anggota TNI di Kodim 1628 Sumbawa Barat nantinya tentu akan memperkuat sinergitas TNI dan Pemerintah KSB, Stakeholders dan rakyat KSB.

Sebelum mengunjungi lokasi pembangunan Makodim, rombongan menunaikan sholat dzuhur berjamaah di Masjid Agung Darusalam yang berada dalam lingkungan Kemutar Telu Center (KTC) dan santap siang nasi bungkus yang biasa tersaji di Masjid.

Dikesempatan itu juga Pangdam memberikan pesan bahwa dalam perhelatan Pilkada maupun Pemilihan Umum, TNI bersama Polri harus bersikap netral. Sikap netral tersebut untuk menjamin Pemilu yang jujur, adil dan aman.  “Jangan takut untuk mengingatkan  kami, jika prajurit kami ada yang tidak netral, karena kami sadar betul kami bagian dari rakyat, kami lahir dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan sepenuhnya mengabdi ikhlas untuk rakyat,” ucapnya. **