APTT Keluhkan Soal Keamanan dan Penumpukan Sampah

Taliwang, – Asosiasi Pedagang Taman Tiangnam (APTT) yang merupakan organiasi dari 53 orang pedagang dalam areal Taman bermain itu, mengeluhkan soal keamanan dan adanya penumpukan sampah setiap hari, dimana sampah itu dibuang oleh pengunjung termasuk dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar.

Firman Jawaz selaku ketua APTT menuturkan, untuk menjaga keamanan dalam lingkungan taman Tiangnam diharapkan kebijakan pimpinan daerah untuk menempatkan personil dari Polisi Pamong Praja (Pol PP), termasuk dukungan personil dari TNI dan Polri. “Dalam areal taman tiangnam sering terjadi perkelahian, sehingga pedagang sangat ketakutan jadi sangat dibutuhkan adanya pasukan pengamanan,” katanya.

Seringnya terjadi tawuran antar kelompok pemuda bukan hanya membuat pedagang takut, tetapi juga akan berdampak pada pengunjung lainnya, dimana akan merasa takut mendatangi taman tiangnam bersama keluarganya. “Kami berharap ada personil keamanan yang ditempati disekitar lokasi. Hal itu sebagai jaminan keamanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Untuk masalah kebersihan, Firman menyinggung bahwa pengunjung taman tiangnam belum memiliki rasa peduli, dimana bungkusan dari makanan selalu dibuang berserakan padahal disekitar lokasi telah tersedia bak sampah. “Kebanyakan sampah yang berserahkan dibuang oleh pengunjung, sebab sampah yang diproduksi oleh pedagang seputaran Tiangnam selalu dikumpulkan langsung oleh pedagang itu sendiri,” katanya.

Jumlah sampah disekitar taman tiangnam juga bertambah dengan kurangnya kesadaran warga sekitar, dimana masih menjadikan areal taman bermain itu sebagai Tempat Pembuangan Sementara (TPS). “Tiap pagi selalu terlihat tumpukan sampah yang sengaja dibuang oleh warga, sehingga merusak pemandangan dan menyebabkan bau menyengat, apalagi sampah itu sendiri tidak terbuang cepat,” sesalnya.

Firman mengakui jika pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kebersihan, terutama mengingatkan kepada para pedagang bahwa sampah yang diproduksi harus dipungut dan menjadi tanggung jawab. “Kalau kesadaran pedagang sudah sangat luar biasa, karena memang mengetahui bahwa keberadaan taman tiangnam sangat membantu dan meningkatkan penghasilan,” terangnya.

Sebagai informasi bahwa keberadaan Taman Tiangnam di Kota Taliwang menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang kecil, lantaran jumlah pengunjung cukup tinggi sehingga barang dagangan cukup laris terjual. **