Sosbud

Pemerintah KSB Gelar Zikir Sebelum Upacara Penurunan Bendera

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar zikir bersama, sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan yang diraih para pahlawan. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan usai Shalat Ashar atau sesaat sebelum pelaksanaan upacara penurunan bendera.

Kegiatan zikir dan doa bersama yang dipimpin imam besar masjid agung Darusallam, H Rusdin A Karim, S.Pdi dan H M Said Ismail, S.Ag, MPd itu diawali dengan pembacaan Al-Qur’an yaitu Surat Al-Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Mulk. Said Ismailyang juga imam masjid Agung Darussalam kompleks Kemutar Telu Center (KTC) memandu pembacaan tahlil dan ditutup dengan do’a bersama untuk Negara dan Bangsa Indonesia, bahkan Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM dan Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, ST terlihat sangat khusyu, termasuk anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat dan pelajar larut dalam doa tersebut.

Dikesempatan itu H Pirin sapaan akrab Bupati KSB mengaku, dalam memeriahkan HUT RI jangan hanya dalam bentuk ceremonial upacara, tetapi juga harus memanjatkan rasa syukur kepada sang Pencipta. “Agenda tahunan kita bukan hanya upacara memperingati HUT RI, tetapi juga melaksanakan zikir dan doa bersama merupakan agenda penting yang tidak terpisahkan,” timpalnya.

Pantauan langsung media ini dalam upacara penurunan bendera yang mulai dilaksanakan tepat pukul 17.00 Wita, pada Jum’at sore 17/8 berjalan aman, lancar dan khidmat. Seluruh petugas upacara melaksanakan tugasnya dengan baik. Peserta upacara dan para hadirin pun khidmat mengikuti setiap prosesi upacara. Bertindak sebagai komandan upacara dalam upacara penurunan bendera ini adalah Kapolsek Sekongkang, Ipda Anugrah Sari Dharmawan, Sik, sementara perwira upacara dipercayakan kepada Kompol  I Gede Maharta, S.H.

Untuk petugas penurunan bendera, pembawa Bendera Merah Putih diamanatkan kepada Salsa Damai Akelba. Salsa merupakn siswi SMAN 1. Sebagai pembentang bendera adalah Raj’iDjuansyah siswa SMAN 1 Taliwang. Sementara yang bertugas mengerek bendera adalah Awang Dwipayahya Siswa MAN 1 Taliwang dan Kahfi Kurani, Siswa SMAN 1 Brang Ene.

Bupati KSB sendiri langsung bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera. Hadir pula dalam upacara ini Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST. Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KSB,Wakil Ketua dan Anggota DPRD KSB. Ketua TP-PKK KSB, Hj Hanifah W Musyafirin, SPt, Ketua GOW KSB, Neni Apriati Fud Syaifuddin. Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Agen PDPGR dan tamu undangan lainnya. **/Hms