Wabup Ikut Rakor Tentang Mekanisme Pencairan Dana Bantuan Gempa

Taliwang, – Rapat Koordinasi (Rakor) tentang tata cara dan mekanisme pencairan dana bantuan bencana dari Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan Pokmas Plus yang langsung kepada aplikator, seperti Kamar Dagang Industri (Kadin) dan Toko Material yang dilaksanakan di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa pada Senin, 1/10 kemarin, dihadiri jajaran pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang dipimpin  Wabup, Fud Syaifuddin ST.

Kehadiran jajaran pemerintah KSB lantaran menilai bahwa rakor yang diinisiasi Komandan Sektor-4/Sumbawa, Kolonel Inf. Anggit Exton Yustiawan bertujuan untuk menyamakan persepsi diantara semua stakeholder yang berada di KSB dan Sumbawa, terutama dalam mekanisme pencairan dana bantuan stimulus untuk korban gempa.

Dikesempatan itu Wabup KSB mengajak semua peserta yang hadir untuk menyepakati, jika satu pokmas bisa menangani semua kriteria rumah baik, baik itu rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat, namun tetap melakukan pendekatan wilayah bukan pendekatan kriteria kerusakan rumah.

Disampaikan juga bahwa juknis pencairan dana stimulus dapat disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di Wilayah masing-masing, termasuk meminta Komandan Sektor untuk bersurat kepada Gubernur NTB, dimana meminta untuk diterbitkan surat tentang standar harga material bangunan khusus untuk wilayah Sumbawa dan KSB.

Usulan lain yang disampaikan orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, harus dipastikan bahwa Kadin telah ada di dua kabupaten ini, serta yang penting, apapun yang dilakukan yang berkaitan dengan keuangan harus tetap dikonsultasikan dengan Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan dilaporkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara Kolonel Inf. Anggit menjelaskan, rakor yang digelar untuk membahas beberapa hal antara lain mengenai mekanisme pencairan dana stimulus bantuan untuk korban Gempa. Hal ini karena masih ada informasi yang tidak nyambung terkait kepastian bagaimana mekanisme pencairannya. Selain itu juga akan dibahas tentang bagaimana keterlibatan TNI, POLRI dan ASN serta Kelompok Masyarakat dalam membantu percepatan pemulihan pasca gempa.

Hadir dalam Rakor tersebut, Dandim 1628/KSB, Dandim 1607/Sumbawa, Asisten Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Dr. M. Ikhsan M.Pd, mewakili Wakil Bupati Sumbawa, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda KSB, Kepala BPBD KSB, Kepala DPUPRPP KSB, Kadis Koperindag KSB, para fasilitator kementrian PUPR, Perwakilan BRI dan koordinator Verifikatur. **/Hms