Oktober, Batas Akhir Pelaksanaan Program Bariri Ternak

Taliwang, – Program bantuan ternak kepada petani yang masuk dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) akan tuntas diakhir Oktober ini, sehingga Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) sudah mengingatkan rekanan pelaksana.

Kusmirin, S.St selaku kabid peternakan pada Distanbunak kepada media ini menegaskan, jika rekanan sudah memberikan kepastian bahwa dipertengahan Oktober ini semua kegiatan atau ternak yang akan dibagikan sudah tersedia dan langsung didistribusi kepada calon penerima. “Sudah ada komitmen bersama dengan rekanan bahwa pekerjaan pengadaan ternak akan rampung dibulan Oktober ini,” terangnya.

Diakui Kusmirin jika dirinya juga sangat optimis bantuan ternak itu segera rampung, mengingat dari 419 ekor sapi yang akan dibagikan, masih kurang 53 ekor untuk sapi jantan dan 14 ekor sapi betina. “Rekanan justru memberikan keyakinan, jika pekan depan sudah bisa di cek oleh Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) dan dibagikan langsung kepada penerima bantuan,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Kusmirin juga menyampaikan, ratusan sapi yang sudah disiapkan rekanan telah dibagikan kepada penerima bantuan, karena dalam kesepakatan sangat jelas, jika rekanan menyampaikan ada stok sapi dikandang, maka tim PPHP akan melakukan pemeriksaan. Kalau sudah dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan, maka sapi dimaksud harus langsung diserahkan kepada masyarakat calon penerima program. “Khusus pengadaan sapi memang berbeda perlakuannya, sehingga petani bisa lebih cepat mengurusnya,” tandasnya.

Sementara untuk pengadaan kambing induk sebanyak 88 ekor dan kambing bibit sebanyak 40 ekor, Kusmirin mengakui jika belum ada yang didistribusikan, bahkan rekanan mengaku dalam pekan ini mulai mempersiapkannya. “Kalau untuk pengadaan kambing tidak sesulit mencari sapi, jadi wajar kalau rekanan sekarang masih konsentrasi untuk pengadaan sapi,” katanya.

Hal yang sama juga untuk pengadaan ayam ras petelur, dimana pemerintah KSB akan menyiapkan sebanyak 1.322 ekor untuk dibagikan kepada kelompok yang telah ditetapkan. “Memang sampai saat ini belum dilakukan pembagian, meskipun bibit ayat itu sendiri sudah ada, karena kelompok akan menerima setelah ayam berusia 4 bulan. Hasil pemeriksaan awal, akhir Oktober ayam itu sendiri sudah sesuai spesifikasinya,” tegasnya. **