Pemerintahan

Sekda KSB Meninjau Lokasi Pengolahan Sampah KSM Kompi Handal

Taliwang, – Sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H Abdul Azis, MH mendatangi lokasi pengolahan sampah milik Komunitas Swadaya Masyarakat (KSM) Kompi Handal yang berada di kelurahan Dalam. Peninjauan dimulai dari lokasi tempat pengolahan sampah yang berlokasi di lingkungan Kota Baru Kelurahan Dalam, kemudian menyaksikan langsung proses pengerjaan fasilitas pengolahan sampah.

Dikesempatan itu H Azis sapaannya menyampaikan apresiasi pada KSM Kompi Handal beserta seluruh masyarakat Kelurahan Dalam atas inisiasi dan kesadaranya dalam mengelola sampah. “Kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah membawa kita pada perspektif baru dalam melihat sampah. Sampah jika dikelola dengan baik dan tepat guna, akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi kehidupan kita. Disamping lingkungan menjadi bersih, kita juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari pengelolaan sampah tersebut, karena dengan pengolahan sampah sistem 3R, sampah bisa memiliki nilai ekonomis.

Saat itu juga Sekda menyampaikan apresiasi khusus kepada para inisiator KSM Kompi Handal, dimana terus berinovasi dalam pengolahan sampah, apalagi sampai mampu melibatkan kompunan masyarakat lainnya, sehingga dirinya berjanji akan diundang pada pelaksanaan Apel Syukur dan diberikan penghargaan khusus. “Para inisiator Kompi Handal layak untuk diberikan penghargaan oleh pemerintah,” tuturnya.

Kegiatan KSM Kompi Handal bukan pada tataran melaksanakan gotong royong bersih-bersih lingkungan. Jauh dari itu, kelompok ini melaksanakan kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan. Mendidik, menjadi contoh dan melibatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian menyulap sampah rumah tangga baik organik maupun anorganik menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Agar eksis di awal kemunculannya, tahun 2017 lalu, KSM Kompi Handal bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup KSB. Mereka berkolaborasi melaksanakan kegiatan sosialisasibagi warga Kelurahan Dalam. Sosialisasi bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan berbasis rumah tangga dengan metode 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Warga pun cukup antusias, sejumlah warga punmulai sadar lingkungan dan bergabung menjadi nasabah bank sampah KSMKompi Handal. 

Warga yang telah menjadi nasabah KSM Kompi Handal dapat menyetor sampah baik organikmaupunanorganikke bank sampah. Warga pun bisa memilih, apakah sampah yang dibawanya ditukar dengan uang atau barang kebutuhannya. Dengan pola ini, warga binaan KSM Kompi Handal menyadari bahwa “Sampah Bukan Musibah, Tetapi Sampah Adalah Berkah”.

Untuk diketahui juga bahwa sampah organik yang terkumpul dari warga kemudian diolah menjadi Pupuk Kompos. Pupuk kompos yang dihasilkan pun diberi nama Takakura. Karena masih merintis, pupuk yang diproduksi KSM Kompi Handal masih memenuhi kebutuhan skala rumah tangga. Sementara, untuk sampah non organik seperti plastik,dengan kreatif dirubah menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis, seperti taplak meja, keranjang, tas, piring, dan kerajinan lainnya.

Hingga tahun 2018, KSM Kompi Handal telah memiliki nasabah aktif sebanyak 30 orang. Untuk memastikan gerakan peduli lingkungan ini, setiap lingkungan di Kelurahan Dalam juga dibentuk. Kelompok sayap adalah mitra KSM Kompi Handal  untuk mensosialisasikan pemanfaatan sampah kepada warga. Meskipun KSM Kompi Handal belum genap berusia satu tahun, namun warga telah disadarkan dalam menjaga lingkungan. Warga juga terlibat dalam pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomis. **/hms