Kades Harap Pemerintah KSB Bantu Korban Puting Beliung

Sekongkang, – Ratnawati selaku Kades Ai Kangkung berharap warganya yang menjadi korban angin puting beliung bisa mendapat bantuan dari pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Pemerintah Desa akan segera melayangkan surat permohonan bantuan kepada Bupati KSB, agar warga yang menjadi korban bencana puting beliung bisa mendapatkan bantuan, meskipun pasca bencana terjadi sudah ada bantuan awal yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” katanya.

Selain akan melayangkan surat secara resmi, Kades juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) KSB untuk menyampaikan secara rinci bentuk kebutuhan korban bencana, termasuk akan mendatangi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP). “Saya akan berupaya agar warga yang terkena dampak bencana puting beliung bisa mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Sebagai informasi, hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu 23/1 kemarin, telah merusak empat rumah warga dan salah satunya mengalami rusak parah dan roboh. Beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa maupun luka. Musibah itu sendiri menyebabkan kerugian warga mencapai puluhan juta rupiah.

Disaat itu Ratnawati mengaku bahwa pihaknya belum bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk membantu korban gempa, mengingat sekarang ini sedang konsentrasi melaksanakan program bedah rumah warga yang tidak mampu. “Saat ini Pemdes Ai Kangkung sedang malakukan program bedah rumah untuk 15 unit dengan estimasi anggaran setiap rumah sebesar Rp. 12 juta,” bebernya.

Selain itu juga Pemdes Ai Kangkung menggunakan Dana Desa untuk pengadaan lahan pembangunan pasar sebesar Rp. 250 juta. “Pasar yang telah rampung dikerjakan itu dibangun diatas lahan yang disiapkan pemdes, lantaran keberadaan pasar itu sendiri bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya, sambil menjelaskan bahwa pembangunan pasar menggunakan anggaran dari pusat sementara Desa hanya dibebankan untuk menyiapkan lahan saja. **