Olahraga

Wabup Ajak Kompas dan “Pelari Tambora Challenge” Eksplore KSB

Poto Tano, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST mengajak pimpinan media nasional Kompas dan pelari Kompas Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 KM 2019 untuk mengeksplore Bumi Pariri Lema Bariri. Ajakan tersebut disampaikan Wabup saat memberikan sambutan sebelum pelepasan peserta lari Kompas Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 KM 2019 di lapangan Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano.

Dikesempatan itu wabup KSB menegaskan, jika cukup banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi secara bersama, bahkan dipastikan bahwa obyek wisata dimaksud tidak dimiliki daerah lain. “Saya berharap tim Kompas dan peserta lari 320 KM 2019 tidak hanya mendatangi KSB untuk mengikuti Tambora Challenge ini, tetapi akan menyiapkan waktu khuusu mengeksplore pantai, spot surfing di Maluk dan Sekongkang, termausk melihat indahnya pemandangan KSB dari udara dengan olahraga paragliding atau paralayang di bukit Desa Budaya Mantar,” kata Wabup.

Wabup juga berharap Kompas bisa menyelenggarakan dan mensuport event berskala nasional maupun internasional di KSB. Sebab, beberapa even bahkan berkelas internasional pernah dilaksanakan di KSB, seperti event surfing dan paralayang. Wabup juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kompas karena menyelenggarakan event tahunan Tambora Challenge 320 KM yang menjadi wadah promosi pariwisata Pulau Sumbawa umumnya dan KSB khususnya.

Pimpinan media harian Kompas Adi Pinantio mengatakan tahun 2019 merupakan tahun kelima penyelenggaraan Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 KM. Peserta yang ikut pun lebih banyak dibanding tahun tahun sebelumnya, yakni sebanyak 56 peserta. Perbaikan penyelenggaraan terus dilakukan, tahun ini panitia menggunakan GPS untuk mendeteksi peserta, keharusan penggunaan headlamp karena banyak tempat yang gelap dan sepi untuk mengurangi resiko. Adi pun mengharapkan semoga ada rekor baru di event tahun ini.

Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah, M.Sc dalam sambutannya mengatakan semoga peserta yang luar biasa pada event ini bisa menginspirasi pemuda NTB untuk menjadi pelari. Kepada Dandim dan Kapolres agar mengawal dengan baik para pelari.

Peserta Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 KM 2019 dilepas tepat pukul 15.00 Wita di depan Lapangan Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano. Para peserta yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri akan berlari empat hari melewati empat kabupaten yakni KSB sebagai garis start, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan berakhir di Dorong Ncanga Gunung Tambora di Kabupaten Bima. Hadir dalam kegiatan ini Kadis pemuda dan olahraga Provinsi NTB, Kadisbudpar Provinsi NTB, Sekda KSB, Dandim Sumbawa dan Dandim 1628/ Sumbawa Barat, para Asisten dan Kepala OPD Pemerintah KSB. **/Hms