Wabup : Aparatur Harus Komit Laksanakan ZI Menuju WBK dan WBBM

Taliwang, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST mengakui, jika belum semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mendeklarasikan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), namun komitmen sebagai aparatur pemerintahan untuk memberikan pelayanan maksimal yang berupakan bagian dari zona ZI menuju WBK dan WBBM harus dilaksanakan pasca deklarasi tingkat kabupaten.

Disampaikan Wabup, komitmen yang dibutuhkan dari aparatur bukan sekedar menghindari tindakankorupsi dalam bentuk apapun, tetapi juga pelayanan kepada publik harus baik dan bersih. Selain bekerja dengan bersih dan melayani dengan baik, Wabup juga mengimbau ASN untuk menjaga diri di kehidupan masyarakat, yakni dengan dengan menjauhkan diri dari sifat sombong dan memberi keteladanan dalam memimpin keluarganya serta selalu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Masih keterangan Wabup, deklarasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM harus menjadi motivasi kerja bagi aparatur, bukan sebaliknya bahwa kinerja justru semakin merosot. “Kalau ada aparatur yang menolak deklarasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, termasuk semangat kerja menurun, berarti yang bersangkutan selama ini tidak Ikhlas bekerja,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Wabup juga berharap kepada OPD lain, agar segera mendeklarasikan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, sehingga komitmen untuk menghindari tindakan melawan hukum dengan modus apapun semakin terpatri dan terpenting juga pelayanan kepada masyarakat bisa terus meningka. “Saya lebih melihat soal pelayanan kepada masyarakat yang akan meningkat nantinya,” ungkapnya.

sebagai informasi, pada pekan lalu telah dilaksanakan deklarasi pembangunann ZI menuju WBK dan WBBM yang dilaksanakan secara bersamaan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pindu (DPM-PTSP), serta Dinas Tenaga kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans). Seluruh aparatur dalam lingkup OPD tersebut dipastikan hadir, lantaran harus ikut membacakan tujuh pakta integritas

Ir H Muslimi, HMY, MSI selaku kepala Disnakertrans mengatakan, Deklarasi yang dilaksanakan diharapkan dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan. “Kami dalam lingkup Disnakertrans sudah berikrar akan taat pada pakta integritas yang disepakati bersama dan item itu sendiri akan terpajang dalam lingkup dinas, agar tidak dilupakan apa yang menjadi komitmen,” akunya usai melaksanakan deklarasi. **