Pemerintahan

DPUPRPP Akui Rumah Khusus Nelayan Poto Tano Segera Ditempati

Taliwang, – Rumah bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang ada di desa Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) segera dimanfaatkan. Rencananya pada bulan ramadan ini, rumah yang peruntukkannya khusus bagi warga nelayan di desa setempat itu akan diserahterimakan kepada keluarga penerima.
“Rumah nelayan di Poto Tano itu kita upayakan puasa (bulan ramadhan) ini warga penerimanya sudah menempati,” kata Kepala Bidang Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Permukiman (PUPRPP) KSB, Arif Rahman kepada wartawan

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama pemerintah desa Poto Tano tengah merampungkan administrasi warga calon penghuni rumah tersebut. Di mana persyaratan warga yang berhak memperoleh bantuan perumahan nelayan itu merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan tentunya selama ini belum memiliki rumah hunian sendiri. “Di Tano itu banyak keluarga yang hidup dalam satu rumah tapi KK-nya (kepala keluarga) lebih dari satu. Nah mereka yang hidup seperti itu salah satunya berhak menempati rumah khusus itu,” urainya.

42 unit rumah bantuan pusat untuk nelayan desa Poto Tano itu cukup lengkap. Selain seluruh bagian rumah tersedia, fasilitas pendukungnya berupa aliran air bersih dan listrik juga sudah tersambung. Dijelaskan Arif, secara teknis perumahan nelayan tersebut sudah rampung akan tetapi saat ini masih ada proses penyempurnaan oleh rekanan pelaksana. “Proyek itu memang masih tangung jawab rekanan karena masih masa pemeliharaan. Jadi kalau ada yang rusak-rusak bisa diberbaiki langsung,” tegasnya.

Dikesempatan itu Arif juga merasa yakin bahwa warga penerima tidak akan kecewa dengan kondisi rumah-rumah tersebut, lantaran bukan hanya menerima kunci dan siap untuk dipergunakan, tetapi fasilitas yang disiapkan sudah sesuai standarnya. “Pokoknya terima kunci dari kami, warga bisa lansung tempati rumahnya,” sambungnya.
Selanjutnya Arif menyebutkan, kehadiran rumah bantuan bagi nelayan di desa Poto Tano itu turut meringankan beban program Pemda KSB untuk pemenuhan perumahan masyarakat. Sebagaimana di ketahui lewat Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) Pemda KSB mempunyai program bantuan rehabilitasi dan pembuatan unit rumah baru bagi warga yang sama sekali belum memiliki hunian. “Bantuan perumahan dari pusat sejauh ini alhamdulillah banyak ya. Selain ada yang khusus nelayan itu, ada juga Rusun (rumah susun) di Belisung ada program BSPS. Dan itu semua sangat membatu program daerah untuk pemenuhan sarana pemukiman masyarakat,” imbuhnya. **