Pemerintahan

Pengadaan Bak Sampah 3 Warna Diklaim Sudah Rampung

Taliwang, – Pengadaan bak sampah yang berwarna merah, kuning dan hijau oleh pemerintah Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)  diklaim pihak CV. Sumbawa Jaya Mandiri selaku pelaksana sudah rampung.

“Proses pekerjaan dilokasi pabrikan sudah selesai, jadi sekarang sedang didistribusikan menuju KSB atau Kelurahan Arab Kenangan (Arken),” kata Roni selaku perwakilan perusahaan saat pelepasan pengiriman barang terakhir, kemarin.

Disampaikan Roni, sesuai perjanjian kerja dengan penyedia anggaran, jika distribusi bak sampah yang akan ditempatkan didepan kediaman masyarakat harus rampung 31 Desember, dimana Kelurahan Arken menjadi tujuan terakhir. “Semua kelurahan sudah menerima bak sampah dimaksud, jadi pengiriman terakhir sekarang ini khusus untuk wilayah Kelurahan Arken,” lanjutnya.

Meskipun proses pembuatan sudah tuntas seiring dengan distribusi untuk kelurahan Arken, Roni memastikan bahwa pihak perusahaan tetap siap untuk melakukan proses pergantian jika memang ada yang mengalami kerusakan, termasuk mengirim tambahan jika memang jumlah tidak sesuai pesanan. “Sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan, setiap ada komplin akan langsung direspon jadi pihaknya tetap membangun komunikasi dengan pihak pemilik anggaran,” ungkapnya.

Hal penting lain yang disampaikan Roni, jika memang nanti ada kekurangan atau bermasalah pada masing-masing kelurahan, pihaknya akan melakukan pendataan secara menyeluruh, sehingga bisa dilakukab pergantian secara bersamaan. “Pabrikan ada di Surabaya jadi proses pergantian harus dilakukan bersamaan,” tuturnya, sambil mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada kelurahan yang menyampaikan komplain.

Ditempat terpisah, Saiful Muslimin selaku Lurah Telaga Bertong menyampaikan bahwa proter atas kualitas barang dimaksud sudah dilakukan pada awal kedatangan barang. Langkah itu dilakukan untuk memastikan bahwa bak sampah itu berkualitas dan terjamin sebelum dibagikan ke masyarakat. “Saat datang barang pada distribusi tahap awal, kami langsung melakukan pengecekan sekaligus pembuktian untuk kualitas, sehingga terjamin saat didistribusikan,” timpalnya.

Masih keterangan Saiful sapaannya, proyek pengadaan bak sampah secara serentak oleh semua kelurahan diakui sangat tepat dalam rangka mengajak masyarakat untuk terbiasa membuang sampah pada tempatnya, termasuk ada edukasi untuk melakukan pemilahan terhadap berbagai jenis sampah.

Sedangkan Muhammad Husni Thamrin selaku Lurah Kuang bukan hanya memastikan bahwa kualitas barang sangat bagus, tetapi juga menegas bahwa dibutuhkan anggaran tambahan untuk melanjutkan pengadaan program tersebut. “Semoga ditahun mendatang bisa dipikirkan untuk tambahan anggaran pengadaan bak sampah tersebut, sehingga semua rumah bisa ditempatkan dan pastinya kembali memberikan kepercayaan pada rekanan sekarang ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, bahwa bak sampah yang telah terdistribusi itu ada yang berwarna hijau dengab tulisan organik, gunanya untuk menempatkan sampah seperti daun-daunan atau bekas sayur. Warna kuning bertuliskan non organik untuk menempatkan sampah seperti botol plastik dan kemasan air mineral, sementara warna merah bertuliskan B3 untuk menempatkan sampah seperti kaca, pecahan gelas (beling), bekas sabun atau deterjen dan obat nyamuk. **