Mulyadi : Belum Ada Pemdes KSB Yang Merampungkan APBDes

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), telah memperingatkan semua Pemerintah Desa untuk menyelesaikan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020, bahkan didesak bahwa rancangan APBDes itu sendiri sudah rampung pada 31 Januari.

“Sampai sekarang belum ada yang rampung. Buktinya, tidak ada rancangan APBDes yang memasuki tahap evaluasi melalui DPMD yang merupakan edisi lanjutan sebelum penetapan, sehingga DPMD akan kembali melayangkan surat peringatan, sekaligus warning kepada Pemdes,” aku Drs Mulydi M.Si selaku kepala DPMD KSB, saat ditemui media ini dalam ruang kerjanya, kemarin.

Masih keterangan Mul sapaan akrabnya, pihaknya mendesak Pemdes untuk menyelesaikan penyusunan draf APBDes pada akhir tahun 2019 lalu, sehingga pada awal tahun 2020 tinggal memasuki tahapan evaluasi dan penetapan. “Setiap tahun kami harus mendesak Pemdes untuk menyelesaikan rancangan APBDes, bahkan ditahun sebelumnya ada yang rampung penyusunan pada pertengahan tahun dan itupun harus difasilitasi DPMD langsung,” tegasnya.

Dikesempatan itu Mul memastikan, pihaknya dalam waktu dekat akan melayangkan surat kepada semua Pemdes untuk mengingatkan tentang tanggung jawab menyelesaikan rancangan APBDes. Jika ada yang lewat dari 31 Januari, maka pihaknya akan menindaklanjuti dengan memberikan surat warning dan teguran. “Semangat pemerintah KSB untuk menyelesaikan cepat APBDes lantaran ingin pembangunan di Desa lebih cepat, jadi masyarakat bisa segera menikmati pembangunan tersebut,” ucapnya.

Mul mengakui bahwa tugas yang sedang dilaksanakan Pemdes sekarang ini bukan hanya menyusun rancangan APBDes, tetapi juga harus menyelesaikan pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran tahun sebelumnya, apalagi saat ini sedang dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Saya berharap dengan agenda pemeriksa rutin yang sedang berlangsung di Desa tidak menghambat penyelesaian APBDes,” harapnya.

Meskipun sampai saat ini belum ada Pemdes yang menyampaikan rancangan APBDes untuk dilakukan evaluasi akhir, Mul tetap merasa yakin bahwa dalam beberapa hari ini akan ada yang rampung. “Saya berpikir positif aja, jika pada akhir bulan ini akan diterima rancangan APBDes, meskipun diyakini akan ada yang molor,” ungkapnya. **