EkonomiPemerintahan

Jika Terpilih, Firin-Fud Siap Wujudkan Industrialisasi di KSB

Menara Kuningan – Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM-Fud Syaifuddin ST memantapkan langkahnya untuk maju kembali sebagai bakal calon Pilkada 2020 sebagai calon petahana.

Keduanya berjanji akan mendorong industrialisasi dan modernisasi apabila terpilih kembali. Musyafirin optimis dapat mewujudkan visi tersebut karena Sumbawa Barat telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 yang dipersiapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dukungan dari pemerintah pusat tersebut berbentuk percepatan pembangunan infrastruktur untuk konektivitas, aksesibilitas, dan pariwisata. Selain itu juga menekankan pembangunan SDM unggul demi terciptanya masyarakat yang sejahtera.

“Pengembangan SDM tentu menjadi syarat utama untuk menyongsong era industrialisasi, sehingga nanti kita tidak menjadi penonton di era sendiri. Untuk itu kita kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, kita kirim anak-anak daerah untuk belajar hingga ke luar negeri,” kata Musyafirin, ditemui saat menjalani Fit and Proper Test yang diadakan oleh Desk Pilkada DPN Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain pendidikan, Keduanya telah menyiapkan program pembangunan smelter untuk mengolah hasil tambang. Pembangunan smelter ini dirasa perlu karena pemerintah pusat menetapkan aturan bahwa bahan baku mentah tidak boleh diekspor langsung ke luar negeri, akan tetapi harus berupa bahan setengah jadi.

“Kita siapkan industri smelter. Dari smelter akan muncul residu-residu yang berguna untuk industri turunan lainnya, seperti industri pupuk, kabel, dan semen. Disana sudah ada 8000-an tenaga kerja, existing dari industri pertambangan. Jika industri-industri itu berkembang, jumlah tenaga kerja pun diperkirakan akan bertambah menjadi 12.000-an,” imbuhnya lagi.

Sementara Fud Syaifuddin menyatakan bahwa dukungan masyarakat Sumbawa Barat juga sangat besar. Hampir 80 persen penduduk positif terhadap pencalonan kembali keduanya. “Alhamdulillah selama ini masyarakat puas dengan kinerja kami, dan kami siap menghadapi Pilkada serentak 2020, terlebih jika mendapat dukungan PKPI,” tutupnya. **