Bupati Sumbawa Apresiasi BAKTI Kemenkominfo, Layanan 9 Site BTS

Sumbawa Besar – Bupati Sumbawa, H M Husni Djibril BSc menyampaikan mengapresiasi kepada Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI yang telah meningkatkan layanan 9 Site BTS dari 2G menjadi 4G di daerah terpencil.

“Kami ucapkan terimakasih karena telah merealisasikan harapan masyarakat Sumbawa yang berada di daerah terpencil,” kata Bupati di Sumbawa, Senin (15/6).

Apresiasi juga disampakan Bupati kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Sumbawa atas upaya yang telah dilakukan.

“Alhamdulillah semoga masyarakat dapat menikmati layanan 4G serta dapat memanfaatkan internet secara positif, bijak dan produktif, terlebih-lebih dalam masa pandemi covid-19,” katanya.

Bupati menginstruksikan jajaran Dinas Kominfotik Sumbawa untuk terus meningkatkan kinerja dan akselerasi dengan berbagai pihak khusunya pemerintah provinsi dan pusat agar program-program yang terkait dengan telekomunikasi, informatika dan komunikasi publik berjalan baik.

“Bila ada keluhan dan saran dari masyarakat harus segera direspon dan ditindaklanjuti,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori, M.Se menyampaikan kabar baik bahwa di 9 site BTS yang ditingkatkan layanannya ke 4G saat ini dalam proses speed up perangkat dan sinkronisasi akses satelit.

Adapun ke 9 titik lokasi BTS tersebut antara lain Site Sempe Kecamatan Moyo Hulu, Site Sampar Bontong Kecamatan Lunyuk, Site Tangkampulit Kecamatan Batulanteh, Site Bao Desa Kecamatan Batulanteh, Site Senawang Kecamatan Orong Telu, dan Site Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir, yang dibangun melalui Program USO BAKTI Kementerian Kominfo serta Site Sebeok Kecamatan Orong Telu, Site Batu Rotok Kecamatan Batulanteh dan site Tepal Kecamatan Batulanteh yang dibangun melalui Program Merah Putih Telkomsel.

Disampaikan Ansori bahwa Program pemerataan akses telekomunikasi khususnya di wilayah terpencil terus dilakukan oleh Pemda Sumbawa dengan mengusulkan pembangunan BTS di titik-titik blank spot kepada BAKTI Kementerian Kominfo RI maupun program lainnya.

“Insya Allah Dinas Kominfotik akan terus berupaya dan mengusulkan program peningkatan layanan dari 2G ke 4G sehingga semua masyarakat dapat berkomunikasi menggunakan internet”, ujarnya. **