Kelurahan Brang Bara Bersama Tiga Pilar Sukseskan Lomba Kampung Sehat

Sumbawa Besar, – Lomba kampung sehat,merupakan hasil kerjasama pemerintah kecamatan dan Plant Internasional, menuju tatanan baru yang digagas Polda NTB menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Terkait dengan program ini  pemerintah kelurahan Brang Bara telah menyiapkan berbagai persiapan termasuk menghias wilayah –  wilayah yang menjadi penilaian tim penilai,dalam kegiatan lomba Kampung Sehat.

Dalam penyambutan Lomba kampung sehat Ketua Panitia Hikmawan,SH,MSi,beserta rombongan disambut dengan acara tarian Cuci Tangan yang mengimplementasikan pilar pilar STBM.

Kegiatan Lomba Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan istilah STBM, diresmikan dan dibuka oleh Camat Sumbawa Hikmawan,SH,MSi yang juga sebagai Ketua Tim Penilai mengatakan “STBM merupakan program yang mengutamakan pola hidup bersih, diantaranya Stop Buang Air Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengolahan Air Minum dan makanan, Pengelolaan Sampah serta Pengelolaan Limbah Cair, ada Tujuh rumah yang disiapkan untuk penilaian,” ujar Hikmawan.

Lebih lanjut Hikmawan mengucapkan rasa terimakasih atas perhatian yang diberikan kepada kami baik dari penyambutan hingga peninjauan lokasi rumah yang menjadi lokasi penilaian.

Lurah Brang Bara Mukhtar Atmaja,S.Sos yang daerahnya terpilih sebagai daerah yang di kunjungi dan  menjadi lokasi Tim Penilai yaitu RT 02 RW 03 Kelurahan Brang Bara,dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan ini terselenggara murni atas swadaya masyarakat dan RW merupakan penggerak masyarakat.dan ini membuktikan bahwa di kelurahan Brang Bara semua pilar STBM dilaksanakan dengan baik,” lanjutnya.

Melalui lomba kampung sehat ini diharapkan menjadi solusi,bukan hanya dibidang kesehatan,malain kan juga dibidang social ekonomi,Pendidikan dan keamanan.Dengan partisipasi penuh masyarakat,maka lomba kampung sehat akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Masyarakat harus tetap menerapkan protocol kesehatan,agar tetap produktif,” harap Muhktar Atmaja S.Sos.

Dijelaskan lomba kampung sehat memiliki misi social yakni meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemic Covid-19.Program ini dikemas dalam bentuk lomba agar warga berlomba menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran covid – 19 di NTB, termasuk di Kabupaten Sumbawa. “Niatkan apa yang kita laksanakan untuk masyarakat sebagai ibadah bagi kita semua,” pungkasnya. **