OlahragaSosbud

Sekda KSB Minta Pecatur KSB Tetap Serius Berlatih

Taliwang, – Sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H Abdul Azis, MH saat membuka acara Kejuaraan Catur Kabupaten (Kejurkab) “KSB Cup II” meminta agar semua pecatur agar tetap serius berlatih, sehingga pada kesempatan pertandingan bisa memberikan hasil terbaik bagi daerah.

Dikesempatan itu H Abdul Azis mengakui bahwa untuk mengembangkan olahraga butuh anggaran yang tidak sedikit, sehingga apa yang menjadi kendala bagi Cabang Olahraga (Cabor) Catur dalam meningkatkan prestasi atlet juga dirasakan oleh cabor lainnya. “Butuh kebersamaan dalam meningkatkan prestasi atlet,” lanjutnya.

Saat memberikan sambutan, Sekda sempat menyampaikan ucapan selamat kepada Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) KSB yang telah melaksanakan rapat kerja dan memilih pengurus yang baru. Semoga dengan kepengurusan baru bisa meningkatkan prestasi catur. “Pada pekan olahraga provinsi 2018, Percasi dapat menyumbang medali Perak dan Perunggu dan menjadi prestasi terbaik, semoga pada event berikutnya bisa menyumbang emas,” harapnya.

Ir Sujarwo selaku ketua Percasi KSB pada kesempatan itu menyampaikan, hasil evaluasi dan analisa kebutuhan dalam rangka meningkatkan prestasi atlet, Percasi KSB membutuhkan anggaran sekitar Rp. 100 juta, dimana anggaran dimaksud akan diperuntukan untuk kebutuhan atlet. “Kami dari pengurus sudah memiliki komitmen yang kuat untuk berupaya mendapatkan anggaran dimaksud, supaya prestasi catur dapat terus meningkat,” akunya.

Masih keterangan Sujarwo, Kejurkab yang dilaksanakan sekarang semoga menjadi awal bangkitnya Percasi KSB, mengingat pelaksanaan KSB Cup I ditahun 2010 lalu, jadi sudah 10 tahun yang lalu. Ayo teman–teman pecatur terus asah kemampuan dan kami sebagai pengurus akan berupaya mempersiapkan semua kebutuhan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kejurkab “KSB Cup II” yang dilaksanakan di SMAN 2 Taliwang telah berakhir, dimana para pecatur yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) mampu menjadi jawara. Untuk kelas senior, Budiman ST yang tercatat sebagai aparatur pada Inspektorat Kabupaten (Itkab) menjadi juara pertama, setelah berhasil menang pada babak ke VII dari Iwan Jayadi S.Pd, MN yang diketahui sebagai guru di SDN 5 Taliwang dan menjadi juara kedua.

Pada kelas veteran, 3 orang tercatat menjadi juara satu bersama, diantaranya, Khairuddin MN, Agus Supeno dan M Yakub lantaran sama-sama mendapat poin 8 dari 9 kali pertandingan yang dilakoni.

Untuk kelas yunior Sekolah Dasar (SD) dikuasai siswa asal SDN 5 Taliwang, yaitu, Sultan Abdullah, Adit Alkodimulla dan Azka Faturahman. Semenara untuk yunir SMP/SMA kelas cewek tercatat Intan dari SMPN 1 Taliwang menjadi jawara, sementara Miftahul Jannah dan Gusniati dari dari SMAN I Jereweh sebagai juara kedua dan ketiga. Untuk kategori laki-laki yang menjadi juara adalah Husnul Wansyah dari SMA Sekongkang yang menjadi juara disusul Irwanto dari SMAN Jereweh dan Lalu Taufik dari SMAN I Seteluk sebagai juara ketiga. **