Politik

KPU KSB Mulai Terima Logistik Pilkada

Taliwang, – Logistik untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada 9 Desember 2020 mendatang, sudah mulai diterima pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami baru menerima logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berupa kotak suara dan tinta. Jumlah kotak suara yang diterima sebanyak 291 buah atau sama sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada,” kata Agus Salim selaku sekretaris KPU KSB.

Dikesempatan itu Agus Salim mengakui bahwa jumlah logistik yang dalam proses masih cukup banyak, apalagi dalam Pilkada di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka ada beberapa logistik yang juga wajib disiapkan. “Logistik yang wajib ada bukan hanya kotak suara, bilik suara, tinta, paku, bantal dan surat suara, tetapi juga harus menyiapkan sarung tangan berbahan plastik beserta masker yang akan dibagikan kepada pemilih yang saat datang untuk menyoblos tidak menggunakan masker,” lanjutnya.

Mengingat Pilkada yang dilaksanakan wajib untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19, maka jumlah bilik suara pada setiap TPS akan lebih banyak dari pemilu sebelumnya sebagai langkah antisipasi antrean para pemilih baik dalam areal maupun diluar TPS. Selain itu, pada setiap TPS akan disiapkan satu orang petugas dengan baju hazmat atau seragam standart penanganan pasien covid-19) serta thermogun dan alat cuci tangan.

Sementara Herman Jayadi S.Ap selaku komisioner KPU KSB pada kesempatan itu menyampaikan, meskipun jumlah kotak suara yang diterima sesuai TPS, namun pihak KPU KSB tetap berencana melakukan peminjaman kotak suara yang telah dihibahkan kepada pemerintah KSB melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). “Kotak suara berbahan aluminium yang telah dihibahkan kepada pemerintah akan dipinjam untuk mengantisipasi adanya kerusakan kotak suara, mengingat saat ini dalam musim penghujan,” tuturnya.

Skenario peminjaman kotak suara bekas Pemilu 2014 yang itu bukan berarti yang diterima sekarang ini tidak bagus, tetapi terbuat dari kertas karton yang bisa saja rusak sebelum dipergunakan. “Memang kotak suara berbahan karton yang diterima terbuat dari kertas karton, tetapi ada jaminan anti air dan anti robek, namun sebagai bentuk antisipasi tidak salah jika disiapkan kotak suara aluminium tersebut,” katanya. **