Pemerintahan

Diskan KSB Belanja Produk Hasil Perikanan Untuk Gemarikan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Perikanan (Diskan) bukan hanya mengajak masyarakat untuk Gemar Makan Ikan (Gemarikan), tetapi juga membantu usaha pengolahan hasil ikan. Buktinya, membeli produk olahan ikan untuk dibagikan kepada masyarakat.

Paket olahan hasil ikan yang telah dikemas dalam tas khusus dengan disablon pesan protokol kesehatan, secara simbolis telah diserahkan pihak Diskan KSB kepada pemerintah kecamatan Jereweh. “1.400 paket ini akan langsung didistribusikan kepada masyarakat penerima yang telah ditetapkan,” kata Slamet Riadi S.Pi, M.Si selaku sekretaris Diskan KSB usai penyerahan pada Senin 30/11 kemarin.

Dibeberkan Meta sapaan akrabnya, isi dalam paket tersebut adalah, Ikan kering dengan berat 250 gram yang dikemas dalam bahan plastik berlabel, ada abon ikan seberat 100 gram dengan kemasan dari bahan standing pouch alumunium foil, stik ikan dari bahan baku ikan air laut/tawar, kemudian ada rumput laut dengan berat 100 gram, kemudian ada yang diolah menjadi dodol, pilus, krupuk, permen/biskuit.

Dikesempatan itu Meta juga menegaskan bahwa paket bantuan ditargetkan untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional, mendukung program prioritas nasional penurunan stunting dan pemenuhan gizi terdampak bencana, mempromosikan produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku usaha, mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penyerapan produk olahan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kalau sasarannya adalah, masyarakat terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat yang terkena gizi buruk, masyarakat yang termasuk dalam stunting, ibu hamid/menyusui/pasangan usia produktif. “Memang sengaja yang masuk dalam paket bantuan adalah olahan hasil ikan, karena dianggap sebagai sumber protein tinggi dan lebih baik dibanding hewani,” tandasnya.

Kelebihan lain dari ikan adalah mengandung asam lemak Omega3 tinggi untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, mencegah penurunan penglihatan dan kebutaan pada usia lanjut, asam lemak Omega3 yang mengandung EPA dan DHA mencegah radang sendi pada manula, sumber vitamin D dan Kalsium bagi pertumbuhan tulang sumber vitamin B12 untuk kesehatan tulang dan menghindari pengeroposan tulang.

Selain memiliki kandungan gizi yang lengkap, ikan memiliki peran penting bagi ibu hamil untuk 1. 000 Hari Pertama Kehidupan (I 000 HPK), perkembangan otak anak-anak dibawah usia dua tahun (Baduta), usia remaja serta lanjut  usia. Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat juga berperan mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa. **