Pemerintahan

Antisipasi Kerusakan, Distan KSB Minta Petani Aktif Berikan Laporan

Taliwang, – Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (Distan KSB) meminta seluruh petani untuk aktif memberikan laporan, jika melihat tanaman miliknya diserang hama atau indikasi lain yang memungkinan akan mengancam gagal tanam atau gagal panen.

“Penyuluh pertanian sudah sangat aktif melakukan pemantauan dan pengawasan, tetapi bisa saja terhindar atau tidak mengetahui bahwa ada areal tanam yang sedang diserang hama. Hal itu yang mengharuskan petani untuk aktif memberikan laporan, supaya bisa langsung ditangani,” kata Syaiful Ulum, SP selaku kabid tanaman pangan pada Distan KSB.

Disampaikan Syaiful Ulum, Distan KSB saat ini memiliki berbagai jenis obat yang akan dipergunakan untuk mengantisipasi kerusakan tanaman akibat hama, jadi tinggal kerjasama antara penyuluh dengan petani itu sendiri. “Petani sebagai pemilik lahan jangan berdiam diri saat mengetahui lahannya dalam kondisi diserang hama, jadi sampaikan informasi itu kepada penyuluh agar bisa langsung ditangani,” lanjutnya.

Terkait antisipasi hama itu sendiri sudah pernah dilakukan beberapa waktu lalu, terutama dalam areal sawah yang berada di kecamatan Taliwang, dimana ada beberapa lahan yang diserang hama ulat, namun berkat informasi dari petani dapat diantisipasi perluasan penyebarannya. “Sampai sekarang ini belum ada lahan yang diserang hama dan semoga bisa stabil sampai waktu panen mendatang,” harapnya.

Dalam upaya mengantisipasi gagal panen, Syaiful Ulum juga meminta kepada semua petani untuk lebih produktif dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan, seperti, tidak menjadikan areal tanam terlalu basah atau genangan, apalagi sekarang sedang dalam musim hujan. “Ada beberapa titik lokasi yang cukup rawan menimbulkan genangan, terutama areal persawahan yang berada disekitar danau Lebo,” ungkapnya sambil mengaku bahwa beberapa waktu lalu sudah ada yang melaporkan kemungkinan terjadi kerusakan.

Pantauan pada areal tanam wilayah luar kota Taliwang termasuk laporan para penyuluh, jika belum ada lahan sawah yang terancam gagal panen akibat serangan hama maupun sebagai dampak tingginya intensitas hujan. Semoga kondisi itu tetap terjaga sampai waktunya panen. **