Sosbud

Penuntasan Pilar STBM, Bupati KSB Apresiasi Pada ASN dan PTT

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM saat menggelar konfrensi pers pada Jum’at 21/5 menegaskan, jika Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Pegawai Tidak Tetap (PTT) telah menjadi bagian penting dalam menyukseskan pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), sehingga harus diberikan apresiasi atas nama pemerintahan.

“Geliat penuntasan pilar STBM yang dimotori ASN dan PTT sangat luar biasa dan pastinya tidak terjadi di Kabupaten/kota lain di Indonesia, apalagi peran yang ditunjukan itu sendiri bukan sekedar tenaga, tetapi juga materi telah dikorbankan para aparatur pemerintahan,” tegas H Firin sapaan akrab Bupati KSB.

Dalam kesempatan Bupati menyampaikan terimakasih kepada para ASN dan PTT atas kepekaan sosial yang telah dilakukan dalam pilar 4 yakni pengelolaan sampah rumah tangga dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga. “Saya berterima kasih karena para ASN sudah menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat bahkan menunjukan diri sebagai bagian dari pemerintah dalam menyelesaikan persoalan sosial,” lanjutnya.

Masih keterangan H Firin, jika pilar 4 dan 5 dapat dituntaskan dalam 100 hari kerja, maka KSB tercatat sebagai kabupaten pertama di Indonesia yang telah memastikan tuntas semua pilar STBM dan ketuntasan itu tidak lepas dari peran besar aparatur ASN dan PTT. “KSB akan mencatatkan sejarah baru dan hal itu diraih secara bersama-sama antara aparatur pemerintahan dengan masyarakat,” tandasnya.

Diingatkan H Firin, penuntasan pilar 4 dan 5 STBM merupakan program 100 dirinya setelah dilantik untuk periode kedua. Harapannya, dapat memicu masyarakat untuk bisa merubah pola sikap dengan tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Tersisa kurang dari 15 hari lagi masa kerja 100 hari, sementara program penuntasan pilar 4 dan 5 STBM sudah melebihi 65 persen,” bebernya.

H Firin mengakui jika sisa waktu itu akan mampu menuntaskan pilar 4 dan 5 itu, lantaran dirinya melihat bahwa masyarakat secara umum juga mendukung pelaksanaan program tersebut. “Kesadaran masyarakat tentang pentingnya melaksanakan pilar dalam STBM cukup tinggi. Hal itu menjadi keyakinan bahwa dalam sisa waktu ini akan mampu dituntaskan pilar STBM,” ungkapnya sambil mengingatkan kalau 95 persen masuk kategori tuntas.

Sebagai informasi, dalam konfrensi pers itu dihadiri juga wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST dan penjabat Sekda, Amar Nurmansyah, ST, M.Si serta sejumlah pejabat lingkup pemerintahan. **