TAEKWONDO KSB MEMASUKI BABAK BARU

Pada dasarnya manusia mempunyai kelebihan dan kebutuhan dari mahkluk lain meliputi cipta, rasa dan karsa dengan tujuan untuk mempertahankan dengan perjuangan hidup, untuk mempertahankan diri dari serangan luar. Untuk itu manusia perlu beladiri dalam mempertahankan hidup. Taekwondo merupakan cabang olahraga beladiri yang menggunakan tangan, kaki dengan disiplin diri, sehingga taekwondo bermanfaat besar dalam kehidupan bermasyarakat. Taekwondo berasal dari Korea dan bermarkas besar di Kukkiwon Seoul Korea, sekarang mempunyai anggota lebih dari 165 negara dan berkembang di Indonesia sekitar tahun 1970. Taekwondo mengembangkan komponen-komponen biomotor yang sangat berguna bagi para anggota taekwondo yang latihan rutin. Komponen-komponen biomotor yang dikembangkan cabang olahraga taekwodo antara lain koordinasi, keterampilan, kecepatan, fleksibilitas, kekuatan otot, keseimbangan, postur, power, daya tahan.Taekwondo yang cenderung sebagai olahraga fisik secara psikologis sangat berperan dalam proses pelatihan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Berkaitan dengan psikologis ada dua hal yang diberikan saat belajar taekwondo, yaitu 1) moral, 2) mental. Berbicara masalah moral dan mental merupakan modal yang utama saat seseorang hidup bermasyarakat, dan semua diajarkan dalam taekwondo.

Korea Selatan memiliki beragam bentuk kebudayaan dari bahasa sampai dengan kesenian. Salah satu kebudayaan dari Korea Selatan yang terkenal dan diminati dunia adalah seni bela diri Taekwondo. Di dalam seni bela diri Taekwondo terdapat berbagai simbol yang memiliki makna didalamnya. Untuk mengetahui makna yang terdapat pada simbol-simbol dalam seni bela diri Taekwondo khususnya di Indonesia. Mengenai prosesi yang dilakukan pada saat akan latihan Taekwondo, terdapat tiga prosesi dari pembukaan, latihan intensif, dan penutup. Kemudian penulis juga mendapatkan simbol-simbol yang terdapat pada seni bela diri Taekwondo yaitu kata-kata terucap berupa teriakan, hitungan, panggilan, dan penggunaan bahasa Korea, objek berupa seragam latihan, sabuk, dan pelindung, gerak tubuh berupa gerakan membungkukkan badan, berdiam diri dan gerakan teknik, tempat latihan, dan peristiwa ujian kenaikan tingkat. Dapat disimpulkan terdapat makna yang terkandung dari simbol-simbol tersebut yakni  pembentukan diri yang dipengaruhi oleh nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai agama bagi setiap orang yang terlibat langsung di dalam suatu fenomena budaya berupa seni bela diri Taekwondo.

Dalam Kejuaraan Taekwondo dengan event “Manunggal Bereformasi Cup” yang diselenggarakan oleh Polda NTB pada kejuaraan yanga memperebutkan Piala Bergilir Dansat Brimob Polda NTB di Mataram,  secara resmi yang dilepas oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, yakni Bapak Fud Syaifuddin,ST atau akrab dengan sapaan bang Fud. Di Kediamannya. Pada pukul 07.00 Wita dengan jumlah Atlit 18 orang dari Dojang Golden Spirit. Terdapat juga 11 orang Atlit dari Dojang Tiger Maluk yang tidak sempat hadir karena sudah berangkat duluan ke Lombok Provinsi NTB, sehingga Total Atlit yang berangkat sebanyak 29 orang Atlit, sesuai dengan inti arahan Beliau ikuti kejuaraan dengan Sportifitas Tinggi dan Jaga nama daerah atau Kabuapaten Sumbawa Barat yang telah dilaksanakan dari tanggal 1 s/d 4 Juli 2021 dan Alhamdulillah Atlet TAEKWONDO KSB meraih hasil yang menggembirakan dengan Raihan 34 medali yakni 17 medali emas, 5 perak dan 12 perunggu. Sebagaimana yang disampaikan Ketua Dojang Golden Spirit, Deni Indrawansyah,S.Pd. Atlit KSB mengikuti 2 (dua) kategori yang dipertandingkan yakni Kyorugi dan Poomsae.

Adapun jumlah medali yang diperoleh dijelaskan Deni, yakni total 34 medali yakni 17 medali emas, 5 perak dan 12 medali perunggu.

Berikut rincian medali yang diraih KSB antara lain :

  1. Golden Spirit : Emas : 11, Perak : 3, Perunggu : 7
  2. Tiger Maluk : Emas : 6, Perak : 2, Perunggu : 5

 

Semoga cabang olahraga di Kabupaten Sumbawa Barat, khususnya Taekwondo makin maju dengan rencana membuka satlat / dojang di beberapa kecamatan selain kecamatan Taliwang dan Maluk. Semoga Allah SWT. Melapangkan dan Meridhoi setiap Langkah kita. Aamin…,Kabupaten Sumbawa Barat yes yes yes, Taekwondo (Golden Spirit) bisa bisa bisa…..,..Taekwondo is the Best. ..