Pendidikan

SMPN I Taliwang, Pakaian Adat Hiasi Upacara Hari Sumpah Pemuda

Taliwang, – SMPN I Taliwang melaksanakan upacara dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda. Upacara yang dilaksanakan Kamis 28/10 kemarin terlihat berbeda, dimana seluruh siswa dan guru menggunakan pakaian adat sebagai simbol semangat kebersamaan dan gotong royong yang terbingkai Bhineka tunggal ika.

Selain melaksanakan upacara, rombongan SMPN I Taliwang yang dipimpin langsung Abdul Muis S.Pd selaku kepala sekolah melakukan pawai keliling diluar lingkungan sekolah. Hal itu sebagai ajakan kepada pemuda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan siswa SMPN I Taliwang untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum untuk terus berkreasi dalam mengisi kemerdekaan yang direbut dengan susah payah.

“Merdeka belajar bukan hanya tentang teori tetapi praktek juga harus diberikan kepada siswa sebagai anak didik, sehingga pada momentum Hari Sumpah Pemuda kami melaksanakan upacara dengan menggunakan pakaian adat yang tersebar diseluruh nusantara,” kata Muis sapaan akrab kepala SMPN I Taliwang, kepada media ini usai pelaksanaan upacara.

Masih keterangan Muis saat didampingi Anissa Lestari S.Pd selaku pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), selain upacara yang dilaksanakan dalam lingkungan sekolah adalah lomba fashion show atau peragaan busana adat dari para siswa dan guru. “Kita lombakan juga penggunaan pakaian adat dan pastinya menyiapkan hadiah khusus,” lanjutnya.

Ditambahkan Annisa Lestari, lomba fashion show couple busana daerah nusantara antar kelas yang dilaksanakan cukup memberikan pengaruh besar kepada para siswa, lantaran akan mengenal tentang busana yang dikenakan. “Semua siswa perwakilan kelas ikut dalam lomba fashion show tersebut,” akunya.

Pada lomba tersebut, pasangan pakaian adat utusan kelas 9.4 menjadi juara pertama, sementara juara kedua adalah utusan dari kelas 9.1 dan utusan kelas 8.4 menjadi juara ketiga, sementara yang ditetapkan dewan juri sebagai juara favorit adalah siswa utusan kelas 7.4. **