Dinas Koperindag KSB Harapkan Ada Bangunan Kuliner Terpusat

Taliwang, – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa Barat (Koperindag KSB) mewacanakan, adanya bangunan yang menjadi tempat penjualan kuliner lokal secara terpusat, sehingga bisa menjadi lokasi wisata keluarga dan pastinya sebagai tempat menikmati makanan khas Bumi Pariri Lema Bariri.

“Bangunan kuliner terpusat sangat dibutuhkan sebagai tempat aktifitas penjualan dari masyarakat dan keberadaan lokasi dimaksud akan memancing pengunjung, lantaran pada lokasi tersedia sejumlah masakan khas dan bisa langsung dinikmati,” kata Nurdin Rahman, SE selaku kepala Dinas Koperindag KSB.

Dikesempatan itu Nurdin Rahman mengakui, jika untuk memiliki fasilitas bangunan kuliner terpusat tidak mudah, lantaran membutuhkan anggaran yang cukup besar, tetapi dirinya tetap merasa optimis akan bisa terealisasi, mengingat pemerintah KSB memiliki komitmen yang kuat dalam menggerakan ekonomi masyarakat. Hal itu tertuang dalam visi dan misi KSB 2021-2026, yaitu KSB Baik dalam Kemandirian Ekonomi.

Mantan kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) itu mengakui, jika rencana membangun fasilitas kuliner terpusat telah mendapat dukungan dari Bappeda dan Litbang KSB selaku perencana daerah, sehingga pihaknya mulai melakukan analisa serta kajian lebih mendalam untuk persiapan. “Semoga bisa terealisasi melalui program bantuan pusat atau pendanaan lainnya,” ucap Deo sapaan akrabnya.

Sebagai tahapan awal, Deo mengakui jika pada penghujung tahun ini telah direncanakan pembangunan lokasi pemusatan aktifitas tenunan lokal, dimana akan dibangun pada lahan milik pemerintah yang berada dalam wilayah Kemutar Telu Center (KTC). “Bisa jadi lokasi aktifitas tenun menjadi bagian bangunan kuliner terpusat,” terangnya. **