Sekda KSB Minta OPD Jadikan Tebing Pembatasan KTC Sebagai Areal Taman

Taliwang, – Sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Amar Nurmansyah, ST, M.Si meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkantor dalam lingkungan Kemutar Telu Center (KTC), agar memanfaatkan tebing pembatasan sebagai areal taman.

“Tebing pembatasan areal KTC bisa dimanfaatkan untuk sarana tanam berbagai jenis bunga atau tanaman holtikultura, jadi masing-masing OPD diminta bertanggung jawab secara langsung yang berada didepan kantor,” kata Amar sapaan akrabnya.

Diingatkan Amar, tebing pembatasan itu pada prinsipnya adalah taman keliling KTC, jadi harus dimanfaatkan secara bersama-sama sebagai media tanam. “Pembagian tanggung jawab untuk memastikan akan dilakukan penanaman dan yang akan ditanam itu terawat dengan baik sampai tumbuh,” lanjutnya.

Masih keterangan Amar, tanggung jawab untuk menata tebing pembatasan KTC bisa juga dimaknai sebagai prestasi OPD itu sendiri, jadi diminta kepada semua pimpinan OPD untuk segera menentukan waktu dimulainya aktifitas pemanfaatan tebing dengan menanam berbagai jenis tanaman. “Saya berharap dalam waktu dekat sudah ada OPD yang mulai melakukan aktifitas penanaman pada tebing pembatasan tersebut,” harapnya.

Sebagai motivasi, Sekda berjanji akan menyiapkan hadiah khusus bagi OPD yang melakukan penataan lebih baik pada tebing pembatas tersebut. “Saya percayakan Pol PP sebagai penilai dalam penataan tebing pembatasan KTC dan dipastikan hadiah yang disiapkan sangat menarik,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Amar berharap kepada semua OPD untuk memastikan bertanggung jawab dengan tebing pembatasan yang berada di depan kantor masing-masing, karena penataan dengan menanam berbagai jenis bunga maupun tanaman holtikultura bisa menjadi peringatan kepada para pemilik ternak, agar tidak lagi memanfaatkan ruang terbuka dalam areal KTC sebagai tempat pelepasan ternak.

“Jika kita sudah menanam pada areal tebing pembatas KTC dan juga lokasi terbuka, maka yakin saja para pemilik ternak akan memilih lokasi lain. Termasuk bisa menjadi alasan bagi pemerintah untuk mengingatkan pemilik ternak,” urainya, sambil berharap tidak menunggu waktu lama mulai menanamnya, mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan. **