Tahun Ini, Dinas Arpus KSB Dipastikan Akan Gelar Lomba Perpustakaan Desa

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) akan tetap melaksanakan lomba perpustakaan Desa setiap tahunnya.

Lomba yang akan dilaksanakan tahun 2022 ini termasuk sebagai upaya untuk menjaring potensi perpustakaan desa dalam menerapkan konsep inklusi sosial berbasis gotong royong pada masing-masing Desa. “Kami berencana melaksanakan lomba perpustakaan secara berkelanjutan dan setiap tahun,” ucap Ir Abdul Muis, MM selaku kepala Dinas Arpus melalui keterangan resmi yang diterima media ini.

Lanjut Muis sapaan akrabnya, lomba itu sendiri termasuk sebagai apresiasi perpustakaan KSB atas keberadaan Peraturan Daerah (Perda) tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), dimana sangat penting peran komponen masyarakat dalam pembangunan.

Dikesempatan itu Muis mengakui jika dirinya sengaja menyampaikan tentang rencana pelaksanaan lomba secara berkelanjutan setiap tahun, agar pemerintah Desa bisa mulai mempersiapkan perpustakaan untuk dapat diikutkan. “Kami sekarang masih intens juga memberikan pendampingan dalam rangka penataan dan pengelolaan perpustakaan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, lomba perpustakaan desa tingkat kabupaten yang telah diumumkan pemenang merupakan hal yang baru atau pertama kali diadakan. Hal itu sebagai tindak lanjut dinas kearsipan dan perpustakaan KSB yang masuk dalam perpustakaan umum kabupaten penerima manfaat program prioritas nasional transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Masih dalam keterangan resmi Dinas Arpus, jika pertimbangan pelaksanaan lomba adalah sebagai upaya memantik semangat perpustakaan desa terutama desa replikasi tahun 2021 (Desa Moteng, Desa Manemeng, Desa Kalimantong, Desa Banjar dan Desa Kemuning) untuk berkegiatan melibatkan masyarakat luas sehingga literasi untuk kesejahteraan dapat terwujud.

Untuk diketahui bahwa pemenang lomba diucapkan selamat oleh Bupati KSB saat apel syukur yang dilaksanakan beberapa hari lalu dengan harapan para pemenang lomba ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam membangun perpustakaan desanya. Pemenangnya adalah perpustakaan desa tajuk ilmu moteng, perpustakaan desa rumah pintar kaliber kalimantong, perpustakaan desa mentari manemeng. **