Musda IKBD KSB, Idrus Terpilih Jadi Ketua Melalui Proses Voting

Taliwang, – Ikatan Keluarga Bima-Dompu Kabupaten Sumbawa Barat (IKBD KSB) telah melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) dalam rangka pemilihan ketua. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 22/1 dihadiri perwakilan dari semua kecamatan.

Proses penentuan ketua IKBD KSB harus melalui proses voting atau pemungutan suara, lantaran jumlah calon ketua hasil seleksi sebanyak 4 orang. Masing-masing, M Dahyar BE yang diketahui sebagai konsultan proyek, Idrus SH yang kini menjadi sebagai Kabid tanaman pangan pada Dinas Pertanian (Distan), Tohirudin, SH yang kini menjabat kabid Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), serta Cahaya Khairani, S.Pt selaku kasi pada Distan KSB.

Proses pemilihan suara (voting) dalam rangka memperebutkan 125 suara berlangsung satu putaran, dimana Idrus berhasil mendapatkan 61 suara, kemudian Tohirudin dengan 46 suara dan Dahyar dengan 13 suara, sementara Cahaya Khairani dengan 4 suara. “Dengan mendapatkan suara terbanyak, maka Idrus ditetapkan sebagai ketua IKBD KSB,” kata Imam Taufik yang saat itu menjadi salah satu pimpinan sidang.

Keputusan penetapan ketua terpilih IKBD KSB diterima oleh semua warga Mbojo (IKBD) yang hadir dalam kegiatan Musda, bahkan usai acara ketua terpilih mendapatkan ucapan selamat dari para peserta sebagai bukti tidak ada yang keberatan.

H M Said Ismail S.Ag, M.Pdi selaku tokoh masyarakat IKBD saat memberikan sambutan diawal pembukaan menegaskan, jika prosesi pemilihan ketua IKBD yang dilaksanakan bukan sekedar momentum memilih ketua dan pengurus baru, tetapi menjadi kesempatan silaturahmi sebagai warga Mbozo. “Silaturahmi ini diusahakan jangan hanya saat Musda saja, tetapi pengurus baru nanti harus upayakan lebih sering lagi,” ajaknya.

Ustad Said sapaan akrabnya juga mengingatkan bahwa peran warga IKBD dalam pembangunan di Bumi Pariri Lema Bariri telah diakui pemerintahan. Buktinya, ada beberapa orang yang ada hubungan keluarga dengan warga IKBD diberikan kepercayaan menjabat sebagai pimpinan OPD.

Sementara Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku asisten administrasi ekonomi pembangunan yang mewakili Bupati KSB dikesempatan itu menyampaikan permohonan maaf Bupati KSB yang akhirnya harus mewakili kepada dirinya. “Sebenarnya Bupati KSB ingin hadir langsung pada kegiatan Musda IKBD, namun diwaktu bersamaan ada agenda lain yang juga harus dihadiri,” bebernya. **