“Ekologi dan Ekonomi” Diskan KSB Rencanakan Analisa Potensi Laut

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Perikanan (Diskan) akan merespon komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mewujudkan pengelolaan perikanan dalam mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan ekologi. Rencananya, akan melakukan analisa serta kajian terhadap potensi laut.

Ahlul Afwan S.Pi selaku kabid perikanan tangkap pada Diskan KSB yang dikonfirmasi media ini mengingatkan, komitmen KKP untuk menyeimbangkan ekologi dan ekonomi adalah upaya untuk memastikan potensi dalam perairan laut. “Supaya kita mengetahui biota laut masih bagus dan potensi cukup baik, maka dibutuhkan analisa melalui kajian,” ucapnya.

Afwan sapaan akrabnya juga mengingatkan bahwa perikanan yang terukur harus mampu mencerminkan angka produksi dan batasan penangkapan ikan yang menunjukan ketahanan ekosistem untuk mendukung ketahanan pangan, nilai produksi dan proyeksi yang menunjukan ketahanan ekonomi, serta nilai pendapatan dan kesejehteraan yang menunjukan ketahanan sosial masyarakat.

Masih keterangan Afwan, sesuai yang disampaikan pihak Kemeterian dalam pertemuan yang pernah diikuti, jika pemanfaatan jasa-jasa kelautan perlu didukung tata ruang bawah laut yang memiliki pola ruang dan neraca sumber daya perairan laut yang berisi data spasial untuk menjaga keseimbangan ekologi dan ekonomi di ruang laut. “Kajian dan analisa yang hendak dilakukan untuk mengetahui potensi laut kita,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Afwan mengakui jika pihaknya belum bisa memberikan keterangan secara rinci model kajian serta analisa potensi laut dimaksud, lantaran pihaknya masih membahas secara internal langkah tepat. “Semoga dalam waktu dekat sudah bisa kami simpulkan rencana kerja dimaksud,” tuturnya.

Sebagai informasi, keseimbangan ekologi dan ekonomi dalam memanfaatkan ruang laut harus memiliki regulasi yang kuat, diimplementasikan berdasarkan rencana tata ruang darat sampai ke laut (termasuk dasar perairan), yang pemanfaatannya menjamin keberlanjutan ekologi sehingga kekayaan sumber daya alam hayati laut beserta jasa-jasa lingkungan di dalamnya berkontribusi besar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat serta dinikmati generasi mendatang. **