Olahraga

Percasi KSB Gelar Kejuaraan Catur Yunior

Taliwang, – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah melaksanakan pertandingan catur khusus yunior atau tingkat pelajar, terutama tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Kegiatan yang didukung cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dikbud NTB) akan dipusatkan di SMAN 2 Taliwang dihadiri langsung sekjen Percasi NTB, Miftahurrahman, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) KSB, Manurung S.Pd, serta Ir Sujarwo selaku ketua Percasi KSB.

Jarwo sapaan akrab ketua Percasi KSB dikesempatan itu mengatakan, pertandingan khusus pelajar yang dilaksanakan sebagai uji coba dan memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan serta menambah pengalaman. “Kita ingin mengetahui juga berapa pecatur dari kalangan pelajar dan semoga momentum ini menjadi awal yang baik bagi para pecatur muda untuk mengembangkan permainan catur,” lanjutnya.

Sementara Himam Prastanto S.Sn, MM, WNP, PNP yang merupakan sekretaris Percasi sekaligus penanggung jawab pertandingan mengatakan, pertandingan antar pecatur yunior harus lebih sering dilaksanakan, tetapi selama ini percasi kesulitan dukungan dari berbagai pihak. “Kami baru dapat dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan langsung melaksakan pertandingan,” ucapnya.

Miftahurahman dikesempatan itu menyampaikan, jika untuk menjadi pecatur harus diawali dengan komitmen dan keseriusan berlatih, karena dalam permainan catur cukup banyak trik dan langkah yang harus dipahami. “Dalam bermain catur ada seni yang harus dipelajari secara serius,” terangnya.

Manurung yang mewakili KONI KSB disaat itu mengaku sangat apresiasi dengan Percasi KSB, lantaran cukup sering melaksanakan pertandingan sebagai momentum para pecatur dalam mengasah kemampuan, termasuk memberikan kesempatan kepada pacatur yunior. “Semoga dengan sering melaksanakan pertandingan akan membuat pactur KSB lebih matang dan siap menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang,” harapnya. **