Pendidikan

Dukung PBD, Dirgahayu SMPN I Taliwang Dirayakan Dengan Pawai Budaya

Taliwang, – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Taliwang membuktikan dukungan terhadap program Pekan Budaya Daerah (PBD) yang telah dicanangkan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Bukti dukungan itu sendiri diperlihatkan saat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 yang dilaksanakan Senin sore 1/8 kemarin, dimana telah melaksanakan pawai budaya dengan melibatkan semua warga sekolah yang terdiri dari guru dan siswa, bahkan rombongan yang menggunakan baju dan simbol adat berpawai keliling dalam kota Taliwang.

Fud Syaifuddin, ST selaku wakil Bupati KSB yang ikut hadir dalam acara tersebut mengaku sangat bangga dengan jajaran SMP I Taliwang, lantaran bisa melaksanakan kegiatan secara bersama-sama meskipun tidak memiliki anggaran khusus. “Jika kita mau bersama untuk memajukan sekolah, bisa dengan cara gotong royong seperti yang dilaksanakan SMPN I Taliwang,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Dikesempatan itu Wabup juga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan jajaran SMPN 1 Taliwang dapat dijadikan contoh bagi satuan pendidikan lainnya, lantaran bukan sekedar memperingati dirgahayu, tetapi juga memberikan edukasi atau pendidikan secara langsung kepada anak didik tentang budaya daerah. “Kegiatan ini bisa juga dikatakan sebagai pendidikan budaya yang diterapkan langsung dilapangan,” lanjutnya.

Sesaat sebelum melepas rombongan pawai budaya dari SMPN I Taliwang yang akan keliling sebagian wilayah Kota Taliwang, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua wali murid yang ikut mendukung pelaksanaan kegiatan dan dukungan itu sebagai bukti jika kita sangat semangat untuk bergotong royong.

Pantauan langsung media ini dilokasi, jika rombongan pawai dari berbagai kelas lingkup SMPN I Taliwang mengusung berbagai tema, diantaranya, Sadekah Lang, Bakatoan, Biso Tian, Iring-iringan Pengantan, Barapan Kebo, Barempuk Main bain dan Nganyang. **