Inovasi UPTB-UPPD KSB, Bayar PKB Dapat Hadiah Saat ‘Samsat Night Music’

Taliwang, – Penerimaan atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang menjadi tanggung jawab Unit Pelayanan Teknis Badan–Unit Penerimaan Pajak Daerah (UPTB-UPPD) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan telah mencapai target, namun tetap berinovasi dengan melaksanakan ‘Samsat Night Music’ sekaligus memberikan hadiah bagi yang melakukan pembayaran pajak saat kegiatan yang dilaksanakan Sabtu Malam 3/12 tersebut.

Syaharuddin, S.Sos, M.Ec.Dev selaku kepala UPPD Samsat Taliwang mengatakan, kegiatan ‘Samsat Night Music’ adalah hiburan untuk masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih atas ketaatan membayar pajak. “Kami juga ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat, bagi yang membayar pajak kendaraan akan langsung menerima hadiah serta kupon atas doorprize berbagai hadiah yang disiapkan,” ucapnya.

Kegiatan yang dipusatkan di taman Tiangnam dihadiri sejumlah pejabat Bappenda Provinsi NTB yang dipimpin sekretaris, Muhammad Husni,S.Sos.M.Si, termasuk perwakilan dari Jasa Raharja dan Lantas Polres KSB. “Pihak Jasa Raharja melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis pada malam acara,” lanjutnya.

Daeng Sahar sapaan akrabnya juga membeberkan bahwa pada malam acara tersedia banyak hadiah doorprize, diantaranya, 2 unit sepeda gunung, Kompor Gas, Megiccom, Dispenser, ricebox, kipas angin, termasuk 335 paket sembako. “Banyak dukungan yang kami terima untuk sukseskan acara, baik dari PT.AMMAN, PT.Bank NTB Syariah, BNI 46 Cab.Maluk, PT.SBM dan PT.Sangati Taliwang.

Muhammad Husni saat memberikan sambutan pada acara dimaksud membeberkan total capaian realisasi untuk seluruh wilayah provinsi NTB sebesar 94,34 persen. “Apresiasi khusus kami untuk UPPD Samsat Taliwang, dimana sudah jauh melebihi target atas pendapatan PKB dan BBNKB, dari target BBNKB sebesar 14.883.241.317 dan saat ini sudah bisa terealisasi sebesar Rp. 18.316.073.061 atau 123,06 persen atau bisa juga dikatakan surplus 3.432.241.744. sementara dari PKB telah terealisasi sebesar Rp. 19.182.962.316 dari target sebesar Rp. 17.771.964.540 atau 107,93 persen dan bisa juga dikatakan terjadi surplus sebesar Rp. 1.410.997.776.

Apresiasi juga disampaikan atas kemampuan UPPD Samsat Taliwang dapat membangun kemitraan baik. Buktinya, dalam acara diberikan piagam penghargaan kepada wajib pajak potensial yang tepat waktu melakukan pembayaran pajak tahunan. “Kegiatan malam ini termasuk inovasi yang sangat luar biasa. Buktinya mampu merealisasikan penerimaan atas pajak mencapai Rp. 141.011.932 dari target harian sebesar Rp. 78.253.200,” ungkapnya. **