Hari Ini, Bawaslu KSB Panggil Wabup, Sekda dan Sekdis Kominfo

Taliwang, – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan meminta keterangan Wakil Bupati (Wabup), Fud Syaifuddin, ST, Sekda KSB, Amar Nurmansyah, ST, M.Si dan Taufik Himawan S.Psi selaku sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Rencananya, permintaan keterangan itu sendiri direncanakan pada Rabu 01/3 (hari ini, red).

“Kami ingin meminta keterangan atas berbagai dugaan politik yang melibatkan wabup KSB, Sekda KSB dan Sekdis Kominfo. Langkah itu sebagai pembuktian atas berbagai laporan serta informasi yang berkembang,” ucap Karyadi, SE selaku ketua Bawaslu KSB saat dikonfirmasi media ini melalui selularnya, Selasa 28/2 kemarin.

Diakui Karyadi, permintaan keterangan terhadap orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu lebih pada persoalan adanya dugaan melakukan kampanye sebelum waktunya, dimana ada laporan aktifitas kampanye atas nama partai yang menghadirkan wabup KSB, karena memang posisi yang bersangkutan adalah ketua partai. “Klarifikasi dan permintaan keterangan atas berbagai kegiatan yang menjurus pada kampanye diluar jadwal,” tandasnya.

Sementara pemanggilan terhadap Sekda KSB terkait dengan status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), namun pada beberapa titik lokasi terdapat banyak baliho yang menjurus pada alat peraga kampanye. “Kami juga ingin mendengarkan penjelasan dari Sekda KSB terkait dengan baliho yang termuat foto dan namanya,” lanjut Karyadi.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap Sekdis Kominfo yang memiliki baliho besar dengan terpampang foto, bahkan ada tulisan sebagai bentuk ajakan atas rencana masuk dalam kontestasi politik. “Kami juga harus meminta keterangan Sekdis Kominfo terkait baliho. Jika memang mengarah pada politik praktis, maka akan diingatkan statusnya sebagai ASN,” ungkapnya.

Karyadi tidak bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan pemanggilan yang akan dilaksanakan, namun dijanjikan setelah semua proses rampung baru bisa disampaikan kepada publik melalui media. “Tidak ada yang perlu saja jelaskan, kecuali setelah selesai permintaan keterangan,” elaknya.

Sesuai informasi yang diterima media ini, Wabup KSB sudah menyatakan kesiapan untuk menghadiri undangan yang disampaikan Bawaslu KSB, termasuk Sekdi Kominfo. Sementara Sekda KSB saat ini masih berada diluar daerah, sehingga belum bisa memberikan keterangan soal kesiapan hadir di sekretariat Bawaslu KSB. **