Bentuk FORWAKA, Kejaksaan KSB Gelar Coffee Morning Bersama Pers

Taliwang, – Titin Herawati Utara, SH, MH selaku kepala Kejaksaan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang baru beberapa hari bekerja, menggelar Coffee Morning dengan insan pers. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa 7/3 itu dirangkai dengan pembentukan Forum Komunikasi Wartawan yang dapat mengakses pemberitaan di Kejaksaan (FORWAKA).

“Kejaksaan KSB membutuhkan wartawan untuk membantu mempublikasi progres kerja maupun prestasi, jadi pertemuan serupa akan menjadi agenda rutin. Hal itu yang menjadi pijakan harus dibentuk FORWAKA,” ucap Kejari KSB saat didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Lalu Irwan Suyadi,SH, MH dan Kasi Intelejen, M Herris Priyadi, SH, MH.

Disampaikan Titin sapaan akrab Kejari KSB, pertemuan dengan insan pers sebenarnya hendak dilaksanakan setelah dirinya mulai bertugas, namun harus dihadapkan dengan beberapa program kerja yang menyita waktu. “Saya termasuk Jaksa yang sangat dekat dengan wartawan, jadi dimanapun bertugas selama ini selalu membangun komunikasi baik dan itu juga akan dilakukan selama di KSB,” lanjutnya.

Mengingat peran pers sangat penting, Kejari memastikan bahwa hubungan kerja yang telah terbangun selama ini akan ditingkatkan, bahkan dirinya sedang mempersiapkan ruang khusus bagi wartawan yang akan melakukan liputan di Kejaksaan. “Dalam waktu dekat akan ada ruangan khusus wartawan, bahkan diupayakan tersedia fasilitas pendukung kerja,” janjinya.

Terpenting disampaikan Kejari, hubungan baik yang akan dibangun dengan wartawan bukan sekedar untuk membantu mempublis pemberitaan, tetapi akan menjadi komponen masyarakat yang dapat memberikan saran maupun kritik, termasuk melaporkan jika ada tindakan melanggar hukum yang dilakukan personil Kejaksaan. “Saya telah menyampaikan nomor Hand Phone (HP) pribadi kepada semua wartawan, jadi silakan disampaikan kritik maupun saran,” ungkapnya.

Dalam pertemuan itu Kejari juga mengaku jika dirinya telah menyampaikan kepada semua personil Kejaksaan, agar dengan insan Pers selalu bersinergi dan berkomitmen untuk selalu menyajikan berita berkualitas, berimbang dan akurat sesuai dengan fakta. “Kami dari aparat penegak hukum sangat membutuhkan informasi dan masukan dari rekan-rekan pers, jadi mari kita bangun terus hubungan kerja baik ini,” ajaknya.

Dikesempatan itu Kejari juga memberikan kesempatan kepada semua wartawan untuk menyampaikan apapun terkait dengan hubungan kerja selama ini, agar bisa dilakukan perbaikan.

Coffee morning kejaksaan KSB dihadiri seluruh wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Gabungan Jurnalis Investigasi (GJI), Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) dan dari Media Independen Online (MIO). **