Wabup KSB : Akreditasi RSUD Asy-Syifa Bentuk Komitmen Pelayanan Kesehatan

Taliwang, – Meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat menjadi komitmen serius pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Salah satunya dengan melakukan akreditasi terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa. “Akreditasi RSUD Asy-Syifa menjadi salah satu bentuk komitmen pelayanan kesehatan,” kata Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST.

Dikesempatan itu Wabup mengakui bahwa manajemen RSUD Asy-Syifa sudah luar biasa, profesional, gerak cepat dalam memberikan layanan kepada masyarakat, tetapi tetap saja ada kritik atau protes dari layanan yang sudah diberikan. “Mari kita terus bekerja dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, terus saja dengan bekerja Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh (IJS),” lanjutnya.

Masih keterangan Wabup, salah satu keseriusan managemen RSUD Asy-Syifa untuk memberikan layanan terbaik bisa dibuktikan dengan menghadirkan tim akreditasi, karena dengan cara itu akan mengetahui apa yang masih harus dilakukan pembenahan dan perbaikan. “Tidak ada kata capek untuk berbenah. Apa yang dilakukan oleh tim surveyor akan memberikan nilai tambah,” tandasnya.

Direktur RSUD Asy-Syifa, dr Carlof mengakui bahwa telah melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan semua komponen sebelum pelaksanaan survey dari tim akreditasi. “Banyak hal yang sudah kami lakukan, diantaranya, membentuk tim internal akreditasi, Bimbingan Akreditasi oleh KARS melakukan berbagai pelatihan bagi SDM RS, menyiapkan asesor internal, menyusun program-program mutu dan keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, serta terus melakukan monitoring dan evaluasi,” ungkapnya.

Diingatkan Carlof, RSUD Asy-Syifa KSB sudah pernah dilakukan akreditasi pada tahun 2016, kemudian kembali melaksanakan uji petik itu sendiri pada tahun 2019 dan berhasil terakreditasi Paripurna. ”RSUD Asy-Syifa KSB menggunakan Standar Akreditasi Kementerian Kesehatan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit Barat dan merasa yakin akan bisa mempertahankan Akreditasi Paripurna jika mengacu pada hasil self assessment terhadap seluruh civitas hospitalia,” ungkapnya.

Hal lain yang disampaikan Carlof, RSUD Asy-Syifa KSB terus berusaha untuk komitmen dan konsisten mendukung program nasional prioritas, diantaranya, peningkatan kesehatan ibu dan bayi, penurunan angka kesakitan tuberkulosis/TBC, penurunan angka kesakitan HIV-AIDS, penurunan prevalensi stunting dan wasting serta pelayanan keluarga berencana rumah sakit. **