Wabup KSB Akui Dapat Kucuran Dana Besar Dari APBN 

Taliwang, – Upaya pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat berhasil. Buktinya, akan ada kucuran dana besar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk beberapa pekerjaan pembangunan.

Fud Syaifuddin, ST selaku Wakil Bupati KSB menyampaikan, anggaran besar yang akan diterima dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman (Kemen PUPR). “Dipastikan Kemen PUPR akan mengucurkan dana ratusan miliar untuk lanjutan pembangunan infrastruktur utama bendungan Tiu Suntuk yang berada di Kecamatan Brang Ene,” ucapnya.

Diingatkan Wabup, kepastian mendapatkan kucuran anggaran besar itu disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat pertemuan bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan menghadirkan seluruh bupati/wali kota se NTB. “Menteri PUPR langsung yang memastikan adanya kucuran anggaran besar untuk beberapa pekerjaan di KSB,” lanjutnya.

Masih keterangan Wabup, kucuran dana ratusan miliar ini nantinya akan digunakan untuk lanjutan pembangunan fasilitas pendukung bendungan. Seperti perencanaan dan pembangunan saluran irigasi untuk pemanfaatan air bendungan Tiu Suntuk. “Saluran irigasi ini nantinya akan melewati wilayah pertanian di Kecamatan Jereweh,” terangnya.

Informasi penting lain yang disampaikan Wabup, jika dalam pertemuan itu Menteri PUPR juga menegaskan, jika pembangunan Bendungan Tiu Suntuk dijadwalkan tuntas pada tahun ini dan jika progres sesuai rencana, maka akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo pada Agustus 2023 mendatang.

Wabup juga membeberkan, selain untuk pekerjaan bendungan dan jaringan irigasi, Kementerian PUPR juga akan mengucurkan dana cukup besar untuk pembangunan ribuan meter beronjong pengaman tebing sungai, perbaikan saluran irigasi, SPAM Bintang Bano untuk pemanfaatan air bersih di bendungan Bintang Bano, pembangunan embung, termasuk perbaikan jalan serta normalisasi Danau Lebo yang sudah dalam tahap perencanaan. “Pertemuan dengan Menteri PUPR menjadi angin segar bagi kita di KSB, karena bisa mendapatkan ratusan miliar,” tandasnya.

Terakhir Wabup mengaku bahwa ikhtiar mengejar anggaran pusat bisa berhasil dengan adanya dukungan dari seluruh masyarakat, sehingga dirinya meminta untuk tetap bersama menjaga kondusifitas daerah. **