Hari Ini, Baznas KSB Beri Bantuan Untuk 100 Orang Anak Stunting

Taliwang, – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (Baznas KSB) berencana memberikan bantuan dalam bentuk asupan gisi kepada 100 orang anak yang tergolong stunting. Penyerahan secara langsung akan dilaksanakan Rabu 31/5 (hari ini, red).

H M Jafar Yusuf S.Sos selaku ketua Baznas KSB yang ditemui media ini dalam ruang kerjanya Selasa 30/5 kemarin menuturkan, bantuan dalam bentuk pangan yang akan diberikan berupa, beras 10 kg, Telur, Abon ikan, Abon sapi manis, Wartel, Kentang, Kacang ijo, Buah apel, Buah pear, Biscuit dan tempe. “Penentuan jenis barang itu sesuai rekomendasi dari Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Dikesempatan itu Ustad Jafar sapaan akrabnya juga menegaskan, dalam penentuan anak sebagai penerima bantuan, pihaknya menerima data dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A). “Kami dari Baznas KSB tinggal menyalurkan kepada anak yang dinyatakan stunting oleh pemerintah melalui DP2KBP3A,” lanjutnya.

Masih keterangan Ustad Jafar, dari 100 anak stunting yang akan mendapatkan bantuan dipastikan dari kalangan fakir miskin, karena memang Baznas meminta untuk diprioritaskan sebagai penerima bantuan. “Semangat besar Baznas adalah memberikan bantuan kepada masyarakat fakir miskin, tidak terkecuali untuk bantuan asupan bagi anak stunting,” ungkapnya.

Hal penting yang disampaikan Ustad Jafar khusus untuk penerima bantuan, agar bisa dating bersamaan dengan anak masing-masing dan dokumen kependudukan, baik itu Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, serta Surat Keterangan Miskin (SKM). “Meskipun sudah ada nama yang disampaikan sebagai calon penerima, tetapi dibutuhkan juga bukti dokumen,” terangnya.

Ustad Jafar mengakui bahwa penyerahan bantuan secara simbolis akan diberikan Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST. **