Diskominfo KSB Pastikan Respon Aduan Via Aplikasi ‘SP4N LAPOR’

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memastikan, semua aduan yang disampaikan komponen apapun pada aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang merupakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor), tetap ditindaklanjuti secara serius.

“Ada 39 aduan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi SPAN LAPOR dan semuanya sudah ditindaklanjuti dengan menyampaikan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, agar menjadi perhatian untuk ditangani sesuai kewenangan masing-masing,” kata Drs Ibrahim selaku kepala Diskominfo KSB.

Lanjut Ibrahim, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan OPD terkait untuk mengetahui tindaklanjutnya. Diketahui, 30 aduan dimaksud telah diselesaikan oleh OPD teknis, sementara 5 aduannya dalam proses tindak lanjut dan untuk 4 laporan sedang dalam proses finalisasi. “Kami memastikan setiap laporan bukan hanya dilanjutkan pada masing-masing OPD teknis, tetapi juga harus mengetahui proses penanganan,” terangnya.

Penjelasan proses sampai pada penanganan dapat menjadi bukti keseriusan Dikominfo mengelola laporan, sehingga dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi dimaksud. “Kami mengajak masyarakat memanfaatkan media layanan pengaduan yang telah disiapkan, sehingga tidak menjadi persoalan ditengah masyarakat,” tuturnya.

Aplikasi untuk mengadukan berbagai persoalan yang dihadapi terutama yang berkaitan dengan hal pelayanan pemerintah. Sebab lewat aplikasi itu prosedur pelaporan sangat mudah dan dapat langsung sampai ke tangan pemerintah. “Kami sebagai operator aplikasi berkomitmen untuk segera menindaklanjuti setiap laporan yang masuk secara cepat dengan aplikasi SP4N Lapor itu,” katanya seraya menambahkan, saluran aduan lain pun selama ini tetap dikelolanya dengan baik.

Diingatkan Ibrahim, aplikasi pengaduan yang disiapkan untuk membuka lebih luas kesempatan masyarakat menyampaikan apapun kepada pemerintah. “Pemerintah KSB sebenarnya memiliki Forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan) sebagai media laporan dan pengaduan, namun perlu diperluas layanan dengan menyediakan media online,” tegasnya.

Dalam penyelenggaran SP4N Lapor, Ibrahim menyatakan, pihaknya sebagai garda terdepan memiliki komitmen kuat dalam melaksanakannya. Dinas Kominfo pun sesuai dengan cita-cita pemerintah mengaitkan aplikasi itu dengan berbagai program yang ada di daerah. Di mana salah satunya untuk mendukung program Satu Data KSB dan penyelenggaran Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). “Lewat SP4N Lapor ini mendukung juga kegiatan Forum Yasinan. Sebagaimana kita ketahui kan forum itu jadi sarana aduan masyarakat juga kepada pemerintah selama ini,” urainya. **