KTNA Dapat Apreasiasi, Wabup KSB Ikut Penutupan Penas 2023

Taliwang, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST langsung menyampaikan apresiasi kepada tim Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) utusan KSB, karena bukan juara pada tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tetapi juga berhasil menjadi jawara pada tingkat nasional pada momen Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023, di lapangan Lanud Sultan Syahril Padang Sumatera Barat (Sumbar).

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada rombongan KSB yang berhasil menjadi juara dalam Temu Karya Tani Nelayan Inovator yang menjadi salah satu rangkaian acara. Prestasi itu membuktikan kemampuan yang dimiliki,” kata Fud sapaan akrab orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu.

Wabup yang ikut mendampingi tim KSB pada Penas mengaku bangga atas kinerja dan prestasi yang telah diraih oleh Tim KSB pada ajang Temu Karya Inovasi, dan berhasil menjadi juara 1 Nasional. “Selamat dan sukses untuk KTNA Kabupaten Sumbawa Barat dan KTNA Propinsi NTB. Akhirnya kita berada dipenghujung kegiatan, sukses selalu dan semoga kita selamat sampai tujuan kita masing – masing,” harapnya.

Sebagai informasi, semua rangkaian kegiatan Penas tahun 2023 di Kota Padang secara resmi telah ditutup. Kegiatan yang telah berlangsung dari sejak tanggal 9 hingga 15 Juni 2023 tersebut telah diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti temu tani, rembuk tani, pameran, ekspose teknologi pertanian, temu karya inovasi petani, temu penyuluh dan berbagai kegiatan lainnya. Demikian pula tim dari Kabupaten Sumbawa Barat,turut serta dalam berbagai event yang dilaksanakan selama sepekan dilokasi pameran.

Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi M.Agr selaku kepada badan penyuluh dan pengembangan SDM pada Kementerian Pertanian (Kementan) dalam sambutan, Penas yang diselenggarakan di Kota padang memiliki persiapan yang is the best. Demikian pula substansi dari pelaksanaan kegiatan paling keren,dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Prof Dedi berharap dari semua pertemuan yang dilalukan, baik itu temu tani, temu penyuluh, temu pengusaha tani, dapat membangun Komitmen membangun agribisnis Indonesia. “Alhamdulillah para petani nelayan kita mampu menghasilkan produk pertanian dan kehutanan yang luar biasa, tidak sekedar menarik tetapi substansinya luar biasa. Saya yakin pangan lokal kita akan menjadi tuan di negeri sendiri,” ungkapnya.

Sementara H Mahyeldi selaku Gubernur Sumatera Barat pada acara penutupan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan acara. “Pengabdian yang kita lakukan hari ini adalah menuju Indonesia lumbung pangan tahun 2045,” ucapnya.

Ditambahkan juga bahwa selama seminggu berbagai event pertemuan pada penas yang dilaksanakan, alahamdulillah ini semua telah memberikan hal positif dalam rangka membangun Pertanian Nasional, dan terutama akan  bisa  memberikan manfaat untuk masyarakat di Sumbar khususnya. Semoga dengan penyelenggaraan acara, tetap menambah semangat, mengokohkan persatuan dan kesatuan, dan semoga Penas yang ke berikutnya tahun 2026 di Provinsi Gorontalo, akan lebih baik dari hari ini. **