BAZNAS KSB Gandeng Bank NTB Syariah Distribusi Bantuan FM332

Taliwang, – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (BAZNAS KSB) mulai mendistribusikan bantuan khusus bagi Fakir Miskin yang masuk dalam data pemerintah FM 332. Penyerahan bantuan dalam bentuk uang tunai akan berlangsung selama sepekan kedepan.

“Bantuan khusus masyarakat yang termasuk dalam FM 332 berupa uang tunai sebesar Rp. 400 ribu rupiah dan itu untuk semester pertama, jadi akan ada pendistribusian kembali pada akhir tahun mendatang,” kata H Jafar Yusuf S.Sos selaku ketua BAZNAS KSB disela acara pendistribusian pada Senin 19/6, kemarin.

Dalam penyaluran bantuan dimaksud, BAZNAS KSB menggandeng PT. Bank NTB Syariah dalam rangka mempermudah proses pencairan, sehingga masyarakat penerima bantuan bisa langsung melakukan prosesnya. “Bank NTB Syariah telah menyusun jadwal pendistribusian pada masing-masing kecamatan, jadi diminta kepada penerima manfaat untuk bisa mendatangi lokasi yang ditetapkan sesuai jadwal,” harapnya.

Dikesempatan itu Ustad Jafar sapaan akrabnya mengingatkan, bagi penerima bantuan diharapkan langsung menghadiri dalam proses pendistribusian. Jika ada kendala yang menjadi penghambat, bisa mengutus keluarga untuk mewakili. “Yang diberikan kepercayaan harus keluarga dekat, karena petugas akan melakukan wawancara terlebih dahulu sebelum dapat mewakili sebagai penerima bantuan,” tegasnya sambil mengatakan langkah itu sebagai bentuk antisipasi adanya penerima oleh orang lain.

Terkait dengan penentuan penerima bantuan, Ustad Jafar mengaku bahwa pihaknya menerima data dari pemerintah KSB melalui Dinas Sosial (Dinsos). “Sesuai data yang diberikan Dinsos, jumlah fakir miskin penerima bantuan sebanyak 1.293 Kepala Keluarga (KK) dan semua itu akan mendapatkan bantuan,” lanjutnya.

Branc Manager Bank NTB Syariah KSB, Yan Kaswi Saleh, SE mengaku telah mempersiapkan lokasi khusus pelayanan kepada penerima bantuan, termasuk mempersiapkan personil untuk membantu proses pencairan. “Mengingat penerima bantuan sebagian besar sudah berlanjut usia, maka Bank NTB Syariah akan memberikan pelayanan maksimal dan cepat,” akunya.

Lanjut Yan sapaan akrabnya, pelayanan cepat dan terukur sudah menjadi kinerja Bank NTB Syariah, karena yang menerima bantuan adalah masyarakat selaku konsuman. “Pelayanan bukan hanya dikantor pusat Bank NTB Syariah Taliwang, tetapi juga pada Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank NTB Syariah, baik yang ada di Kelurahan Bugis maupun di kecamatan Maluk,” ungkapnya. **